Politik Pemerintahan

Program Kampung Iklim, Wali Kota Madiun: Ayo Lestarikan Lingkungan

Wali Kota Madiun H. Maidi saat sosialisasi program kampung iklim (Proklim), di aula Kecamatan Kartoharjo, Jumat (26/3/2021). [Foto/Kominfo Madiun]

Madiun (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Lingkungan Hidup mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan lingkungan melalui Program Kampung Iklim (Proklim).

“Ayo lestarikan lingkungan, karena saat ini terjadi perubahan iklim, perubahan perilaku masyarakat turut memengaruhi kondisi iklim di sekitarnya,” kata Wali Kota Madiun H. Maidi saat sosialisasi program kampung iklim (Proklim), di aula Kecamatan Kartoharjo, Jumat (26/3/2021).

Ia menambahkan, perubahan iklim tidak bisa dibendung. Tetapi melalui kampung iklim ini diharapkan perubahan iklim tidak terjadi semakin cepat. “Untuk itu, saya menargetkan, tahun 2022, sebanyak 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun, semua sudah menjadi Kampung Iklim,” paparnya.

Pihaknya dalam program kampung iklim ini menargetkan bahwa Kota Madiun menjadi kota bebas banjir, polusi berkurang dan udara menjadi bersih serta seluruh RT/RW, Kecamatan dan Kelurahan bisa mewujudkan lingkungan sehat yang dapat mendukung manusia di sekitarnya.

“Sehingga nanti akan mendukung pencapaian penghargaan tertinggi di tingkat kota yakni Adipura,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun, Agus Siswanto mengatakan tujuan utama dari program kampung iklim adalah mendorong masyarakat untuk melakukan adaptasi dan mengambil langkah-langkah mitigasi terhadap berbagai dampak perubahan iklim di lingkungan masing-masing.

“Untuk mendorong pelaksanaan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim, serta mampu menumbuhkan kesadaran bersama di tengah masyarakat untuk menjaga lingkungan dan mengurangi efek rumah kaca,” tutupnya. [adv/asg]



Apa Reaksi Anda?

Komentar