Politik Pemerintahan

Program BPNT di Tuban Bulan Februari Segera Disalurkan

Jaga Kualitas, tim Dinsos Tuban, bersama Muspika Semanding dan Agen saat mengecek kualitas beras, Telur, Tahu, Tempe program BPNT sebelum disalurkan. [Foto/M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Di tengah pandemi yang masih belum berakhir, penyaluran program pemerintah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada bulan Februari 2021 ini yang sudah dinantikan oleh para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Tuban sudah siap di salurkan secara serentak dua hari lagi.

Saat ini program bantuan pangan berupa beras premiun, telur, tahu dan tempe tersebut sudah mulai didistribusikan ke masing-masing agen yang ada di tingkat desa.

Sebelum dilakulan distribusi ke masing-masing agen keberadaan Beras Premium dan komoditi lainnya yang akan disalurkan kepada para warga penerima itu dilakukan pengecekan secara bersama-sama guna menjaga kualitas barang.

PantauanĀ beritajatim.comĀ di lapangan, pengecekan kualitas beras dari para suplayer yang akan dikirim ke agen itu salah satunya dilaksanakan di kantor Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Pengecekan kualitas beras itu dilakukan berbagai pihak, seperti pihak Muspika, Dinas Sosial, para agen penyalur BPNT dari setiap desa serta TKSK di kecamatan tersebut.

“Untuk mekanisme penyaluran BPNT ini masih seperti bulan lalu, yaitu 15 kilogram beras premium, telur, tahu dan tempe. Tapi untuk bulan ini kita minta untuk menghadirkan semua agen biar sama-sama tahu kualitas beras yang kita cek di kecamatan,” ungkap Rita Zahara, tim perwakilan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (Dinsos P3A) Tuban saat mengecek kondisi beras BPNT itu.

Rita menambahkan, bahwa kualitas beras premium yang dikirimkan ke masing-masing agen harus sesuai dengan yang dilakukan pengecekan secara bersama-sama di tingkat kecamatan. Selain itu, para agen penyaluran juga tidak dipebolehkan mengganti secara sepihak komoditi yang akan disalurkan kepada KPM.

“Jadi para agen harus bisa ngontrol, kalau berasnya kualitasnya lebih jelek dari yang dicek ini harus ditukar. Untuk distribusi ke agen sudah mulai hari ini sampai besuk, dan hari Kamis nanti semua sudah bisa transaksi (untuk penyaluran pada KPM),” tambahnya.

Adapun pada bulan Fabruari 2021 ini, untuk jumlah order dari PKM yang mendapatkan bantuan program BPNT di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban itu jumlahnya bertambah dibandingkan dengan bulan Januari kemarin. Yang mana pada bulan lalu terdapat sebanyak 5.694 KPM dan bulan ini terdapat jumlah tambahan lebih dari 200 KPM.

Jaga Kualitas, tim Dinsos Tuban, bersama Muspika Semanding dan Agen saat mengecek kualitas beras, Telur, Tahu, Tempe program BPNT sebelum disalurkan. [Foto/M Muthohar]
“Bulan ini jumlah KPM di Kecamatan Semanding ada tambahan sekitar 200 orang lebih. Tambahan jumlah itu merupakan mereka yang awalnya dicoret dari sistem dan saat ini kembali mendapatkan bagian itu,” papar Nurhadi, selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Semanding, Tuban.

Sementara itu, Parti (47), salah satu warga dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam program BPNT itu mengaku puas dengan kualitas beras yang selama beberapa bulan ini disalurkan. Selain itu, warga merasa terbantu bisa mendapatkan beras gratis dari program pemerintah.

“Berasnya sudah bagus kualitasnya. Ini sangat membantu bagi keluarga kami, setiap bulan masih bisa mendapatkan bantuan ino” ujar Parti, KPM asal Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.[mut/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar