Politik Pemerintahan

Prihatin, Markas Cacat Veteran RI di Surabaya Tak Ada Listrik

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji mengaku prihatin tidak adanya aliran listrik untuk kantor Sekretariat Korps Cacat Veteran Republik Indonesia (KCVRI), Jalan Rajawali 47 Surabaya. Aliran listrik itu tidak menyala sejak dua tahun lalu.

Sarmuji bersama rombongan pengurus Golkar Jatim memberikan santunan serta bingkisan kepada para cacat veteran dan keluarganya, Senin (17/8/2020). Hal ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Wakil Ketua Korps Cacat Veteran Republik Indonesia (KCVRI) Surabaya, Didik R Barnawi di depan pengurus Golkar Jatim mengatakan, sejak dua tahun ini, kantor sekretariat sudah tidak ada aliran listrik.

“Iya, kami sejak dua tahun ini tidak ada subsidi listrik dari pemerintah. Pemerintah sudah tidak memberikan lagi subsidi bantuan untuk listrik. Sehingga, sejak dua tahun ini listrik yang ada di sekretariat diputus oleh PLN,” ujar Didik.

Menurut dia, selama dua tahun ini pihaknya mendapatkan aliran listrik dari tetangga yang ada di sekitar kantor untuk penerangan sekretariat. “Padahal, saat ini kita masih ada empat orang veteran yang berada di asrama sekitar sekretariat ini. Sehingga, mereka harus mendapatkan listrik terbatas yang dibantu dari tetangga,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji mengaku prihatin dengan adanya pencabutan subsidi listrik oleh pemerintahan di Surabaya untuk sekretariat ini.

“Pemerintah sudah tidak lagi memberikan subsidi listrik untuk Kantor Sekretariat KCVRI Surabaya. Jadi, sudah dua tahun ini tidak ada lagi subsidi, sehingga tidak ada lagi aliran yang secara legal mengaliri sekretariat ini. Tentu ini berita yang sangat menyedihkan di tengah peringatan Kemerdekaan hari ini,” katanya.

Menurut anggota DPR RI ini, orang yang sudah mengorbankan segenap yang dimilikinya, ternyata tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Pihaknya pun langsung menginstruksikan kepada anggota DPRD Jatim Dapil Surabaya untuk mencarikan solusi terbaik.

“Kami sudah perintahkan pada anggota DPRD Jatim yang mewakili Dapil Surabaya untuk menyelesaikan dan juga minta supaya Fraksi Golkar DPRD Surabaya agar mengingatkan pemerintahan tentang berita yang sangat menyedihkan ini,” jelasnya.

Pada kesempatan sama, Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak akan mencarikan solusi terbaik agar Sekretariat KCVRI Surabaya bisa kembali teraliri listrik.

Partai Golkar Jatim memberikan 250 bantuan kepada para cacat veteran Kemerdekaan RI dan keluarga. Untuk hari ini di Sekretariat KVCRI diserahkan sebanyak 40 bingkisan dan santunan. Sedangkan, sisanya diantarkan langsung oleh Golkar Jatim ke rumah masing-masing penyandang cacat veteran dan keluarganya.

Kegiatan ini merupakan bentuk perhatiannya pada para pejuang yang telah mengorbankan dan mempertaruhkan nyawanya untuk Indonesia.

“Untuk mempertahankan Indonesia Merdeka, mereka adalah orang-orang yang bersedia menukar darah untuk menjaga air Indonesia tetap jernih tanpa penjajah. Mereka bersedia menukar nyawa, menukar dengan sejengkal tanah kuburan hanya untuk mempertahankan agar tanah Indonesia bebas dari penjajah,” pungkasnya. (tok/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar