Politik Pemerintahan

Presiden Jokowi Bagikan Jutaan Sertifikat Tanah

Malang (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo menyerahkan 6,5 juta sertifikat tanah yang kepada masyarakat di 33 provinsi seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Malang, Jawa Timur. Penyerahan sertifikat ini dilakukan secara daring atau onlineo.

Melalui video conference yang digelar di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim no.7, Kota Malang, Presiden Jokowi menyampaikan, capaian penyerahan 6,5 juta sertifikat tanah ini merupakan prestasi.

“Karena sebelum-belumnya itu 500 ribu setahun. Tapi sekarang 6,5 juta sertifikat. Ini prestasi yang cukup baik,” ucapnya.

Menurut Jokowi, mulai 2015, pemerintah memiliki tugas sekitar 80 lebih juta sertifikat tanah yang musti dibagikan. Oleh sebab itu, dirinya sudah mewanti-wanti agar kementrian ATR/BPN menggenjot program tersebut.

“Pada 2015 itu ada 126 juta sertifikat dan masih terbagi 46 kalau 500 ribu terus per tahun. Jangan sampai masyarakat harus menunggu 160 tahun baru bisa pegang sertifikat tanah. Siapa yang mau? Kalau ada tunjuk tangan nanti saya kasih sepeda,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Jokowi, sejak 2017, dirinya memberikan target penyerahan sertifikat tanah, yakni minikal 5 juta sertifikat tanah diserahkan ke masyarakat per tahun. “Alhamdulilah selalu melampui target. Tahun 2017 sebanyak 5,7 juta. Lalu tahun 2018 sebanyak 9,3 juta. Kemudian tahun 2020, 6,5 juta. Jadi dengan adanya target ini saya yakin 2025 sudah bisa pegang semua,” pungkasnya. [yog/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar