Politik Pemerintahan

Presiden dan Wapres Bakal Pimpin Langsung Penguatan Ekonomi Syariah

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Universitas Brawijaya Malang.

Malang(beritajatim.com) – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengungkapkan pemerintah sedang serius dalam melakukan penguatan ekonomi dan keuangan syariah. Penguatan ekonomi syariah bakal dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai ketua harian.

Ma’ruf mengungkapkan ada empat item yang menjadi fokus utama, yakni pengembangan dan perluasan industri produk halal. Pengembangan dan perluasan keuangan syariah, pengembangan dan perluasan dana sosial syariah, serta pengembangan dan perluasan kegiatan usaha.

“Bapak Presiden bersama saya akan memimpin langsung upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dan akan memperkuat Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) melalui revisi Peraturan Presiden No. 91 Tahun 2016,” ujar Ma’ruf Amin di Universitas Brawijaya, Malang, Rabu, (27/11/2019).

“Usulan revisi Perpres tersebut akan mencakup perluasan lingkup keuangan syariah diperluas menjadi lingkup ekonomi dan keungan syariah, perubahan struktur kelembagaan dengan Presiden sebagai ketua dan Wakil Presiden sebagai ketua harian, serta perubahan lain yang diperlukan,” imbuhnya.

Ma’ruf mengungkapkan, pengembangan industri halal harus dilakukan atas dasar kepentingan umat, bangsa dan negara dengan visi untuk menyediakan produk terbaik dan bermanfaat. Bukan, mengeksploitasi menggunakan label halal atau simbol-simbol Islam namun justru merugikan konsumen.

“Karena pengembangan produk halal juga harus bersifat universal. Saya mengharapkan produk halal bukan hanya untuk masyarakat muslim, tetapi dapat bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia, tanpa memandang perbedaan yang ada,” tandas Ma’ruf. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar