Politik Pemerintahan

Prediksi Puncak Kemarau di Pamekasan Agustus-September 2020

Pamekasan (beritajatim.com) РKepala  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Akmalul Firdaus menyampaikan masa puncak musim kemarau tahun ini diprediksi bakal terjadi pada Agustus-September 2020 mendatang.

“Kami sudah berkoordinasi bersama BMKG Jawa Timur, bahwa puncak kemarau di diprediksi terjadi pada Agustus-September 2020. Untuk wilayah pantura dan selatan diprediksi Agustus, sedangkan untuk wilayah tengah September,” kata Kepala¬† Akmalul Firdaus, Kamis (23/7/2020).

Dari itu pihaknya juga sudah melakukan berbagai langkah antisipatif menghadapi musim kemarau di Pamekasan, salah satunya dengan melakukan pendataan terhadap sejumlah wilayah yang berpotensi dilanda kekeringan seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya.

“Saat ini kami tengah melakukan pendataan wilayah yang berpotensi terdampak kemarau, selanjutnya kita tetapkan sebagai wilayah tanggap darurat bencana kekeringan pada musim kemarau,” sambung pria yang akrab disapa Pak Akmalul.

Selain itu pihaknya juga sudah menjalin koordinasi dan komunikasi bersama pihak PDAM Pamekasan, tujuannya untuk melakukan persiapan pendistribusian air bersih di sejumlah wilayah terdampak. “Nantinya penyeluran ini mulai dilakukan setelah ada penetapan berupa Surat Keputusan (SK) tentang Status Tanggap Darurat Kekeringan,” jelasnya.

Foto: Kemarau/dok

Disinggung soal wilayah yang diprediksi bakal terdampak kekeringan, pihaknya menyampaikan jika kekeringan pada musim kemarau hampir terjadi di seluruh wilayah di Pamekasan, kecuali kecamatan Pakong dan Pamekasan (Kota). Sisanya hampir terjadi di 11 kecamatan berbeda di Pamekasan.

Mengacu pada musim kemarau sebelumnya, hampir di setiap kecamatan terdapat wilayah kekeringan, kecuali wilayah Pakong dan Pamekasan. “Kalau data sebelumnya titik kekeringan di 11 kecamatan berbeda di Pamekasan, seperti Batumarmar, Galis, Kadur, Larangan, Pademawu, Pagantenan, Palengaan, Pasean, Proppo, Tlanakan dan Waru,” pungkasnya. [pin]





Apa Reaksi Anda?

Komentar