Politik Pemerintahan

Prabowo Rekom Djoko Susanto Jadi Calon Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan tiket dukungan untuk Djoko Susanto menjadi calon bupati Jember dalam pemilihan tahun ini. Djoko yang pernah menjadi mantan orang nomor satu di Badan Pertanahan Nasional Jember ini diduetkan dengan kader Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim.

Surat keputusan rekomendasi cabup dan cawabup ini ditandatangani Prabowo dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani pada 26 Februari 2020. “Intinya partai-partai dengan suara cukup banyak di Jember pasti punya keinginan menggandengkan cabup dengan kadernya. Itu sesuatu yang wajar,” kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim Hadinuddin, Kamis (19/3/2020).

Hadinuddin mengatakan, dalam pilkada, fokus ada pada calon bupati. “Kalau wakilnya jadi bagian dari kesepakatan politik,” katanya.

Kenapa memilih Halim menjadi calon wakil bupati? “Mas Halim itu Ketua Bidang OKK (Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Jember). Dia menentukan di bidang organisasi. Dia juga wakil ketua DPRD Jember,” kata Hadinuddin.

“Kemudian faktor-faktor lain adalah kedekatan dengan tokoh-tokoh di Jember. Dia cenderung luwes untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak,” tambah Hadinuddin.

Sebenarnya, terpilihnya Djoko Susanto menjadi calon bupati yang diusung dan didukung Gerindra bukan hal yang mengejutkan. Jauh-jauh sebelumnya tanda-tanda bahwa Gerindra akan mendukung Djoko Susanto sudah terlihat gamblang.

Sebagaimana diberitakan Beritajatim.com, Minggu (8/12/2019), Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Jawa Timur Supriyatno menyatakan, rekom pencalonan bupati di Jember kemungkinan besar akan jatuh pada Djoko Susanto. “Kami kemungkinan besar akan gandeng dengan PKB di Jember. Calonnya kan Pak Djoko,” katanya, via ponsel.

Supriyatno mengaku mendapat amanat dari kiai-kiai untuk mendukung Djoko Susanto. “Selain kiai, ada tokoh-tokoh Jember yang mendukung beliau,” katanya. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar