Politik Pemerintahan

PR Bupati Baru Banyuwangi di Mata Azwar Anas

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Jember (beritajatim.com) – Abdullah Azwar Anas akan mengakhiri masa jabatan bupati Banyuwangi periode kedua tahun ini. Sosok bupati baru akan menggantikannya. Apa pekerjaan rumah yang harus ditangani bupati baru tersebut?

“Tentu PR banyak, karena masih banyak yang belum terlaksana, mulai dari penyelesaian SDM (Sumber Daya Manusia) dari hulu sampai hilir. Misalnya subsidi untuk anak-anak kurang mampu, ibu hamil berisiko tinggi terutama di daerah pedalaman yang belum terakses dengan baik, ini masih jadi PR buat saya,” kata Anas, usai acara bincang-bincang mengenai pilkada, di Gedung Sutardjo, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020).

Anas juga menyebutkan lama masa pendidikan sekolah. “Ini kan mempengaruhi IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Banyak teman-teman lulusan pesantren, tapi formalnya kurang,” katanya.

PR berikutnya adalah lapangan pekerjaan. “SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sekarang ditarik pemerintah provinsi. Ada beberapa jurusan SMK menghasilkan anak-anak (lulusan) tapi tidak bisa diserap lapangan pekerjaan. Tentu ini jadi PR bagi (bupati) berikutnya. Karena kalau SMK terus memproduksi lulusan tapi tidak bisa diserap, maka TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka)-nya pasti akan naik,” kata Anas.

“Tapi secara umum, kami di Banyuwangi telah menyiapkan sistem birokrasi yang melayani. Target kami ke depan bisa meneruskan, siapapun yang terpilih,” kata Anas. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar