Politik Pemerintahan

PPP Usul Bentuk Kaukus NU di DPRD Jember

Jember (beritajatim.com) – Tak mau dianggap anak tiri Nahdlatul Ulama, PPP mengusulkan pembentukan kaukus NU di DPRD Jember, Jawa Timur. Hal ini dikemukakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Jember Madini Farouq kepada beritajatim.com, via pesan WhatsApp dari Mekah, Arab Saudi, Senin (29/7/2019).

“Sebaiknya dibentuk kaukus NU di parlemen untuk menampung kader-kader NU yang bertebaran di berbagai fraksi yang merupakan kepanjangan tangan dari partai politik yang ada,” kata Gus Mamak, sapaan akrabnya.

Menurut Gus Mamak, terlalu kecil jika NU hanya diklaim secara sepihak oleh satu partai politik. “NU sebaiknya mengambil peran sebagai payung besar yang mengayomi semua kader yang berada di berbagai partai politik di Jember. Dengan begitu apapun partainya, tetap NU jam’iyah nya,” katanya.

Usulan Kaukus NU ini sejalan dengan apa yang juga pernah diwacanakan Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, medio Mei 2019. “Tidak hanya (legislator) dari PKB dan PPP. Kita ketahui Ketua Nasdem Jember adalah Wakil Ketua PCNU Kencong. Pak Marzuki Abdul Ghofur dan putra-putranya dulu juga di PKB berlatar belakang NU. Bahkan di PDI Perjuangan pun, kalau kita lihat konteks amaliyahnya itu adalah amaliyah NU,” kata Ketua Gus Aab, sapaan akrab Abdullah Syamsul Arifin, sebagaimana dilansir beritajatim.com, Rabu (15/5/2019).

Kaukus NU di DPRD Jember akan membicarakan program-program keumatan, yang terkait dengan kepentingan warga nahdliyyin sebagai warga mayoritas di kota ini. “Jadi ketika program-program itu bersentuhan dengan kepentingan NU, sesungguhnya sama artinya dengan membangun Jember,” kata Abdullah. (wir/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar