Politik Pemerintahan

PPP Jember Minta Tak Ada Diskriminasi Terhadap Masjid Dibanding Pasar

Jember (beritajatim.com) – Madini Farouq, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyarankan empat hal kepada Bupati Hendy Siswanto soal pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini.

“Pemerintah harus hadir, bukan hanya membatasi dan melarang. Caranya dengan membantu menyediakan alat pengukur suhu, hand sanitizer, dan masker untuk masjid-masjid dan tempat-tempat pelaksanaan salat Idul Fitri,” kata Madini, Senin (10/5/2021).

Madini juga menyarankan agar pelaksanaan salat id benar-benar memperhatikan protokol kesehatan, termasuk jaga jarak. “Lebih baik jemaah salat di halaman masjid karena bisa kena sinar matahari yang mencegah penularan virus,” kata pria yang akrab disapa Gus Mamak ini.

Madini menyarankan pemerintah daerah agar membuat surat imbauan untuk dibacakan oleh takmir masjid secara seragam. “Isinya tentang protokol dan tata cara pelaksanaan salat Idul Fitri di era pandemi, seperti imbauan agar jemaah tidak berjabat tangan selesai salat sebagai upaya mencegah penularan virus,” katanya.

Terakhir, Madini meminta agar tidak ada perlakuan diskriminatif dalam penanganan Covid. “Jangan hanya masjid yang dibatasi jumlah dan kapasitas jemaah. Pusat perbelanjaan dan pasar juga perlu ada pembatasan sehingga tidak terkesan adanya diskriminasi terhadap tempat ibadah dibanding tempat perbelanjaan dan pasar,” katanya.

Terpisah, Bupati Hendy menyatakan, sekolah-sekolah di Jember sudah memiliki thermogun. “Harapan kita, masjid dan musala bisa pinjam kepada sekolah, karena ada dua atau tiga. Kami juga instruksikan kepada camat untuk pengadaan thermogun untuk dibagikan,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman menegaskan tidak ada diskriminasi terhadap masjid terkait protokol kesehatan. “Ini karena masjid dan musala yang paling bisa diatur dan tertib dibandingkan pasar,” katanya, mengingatkan dalil ‘jika mampu melakukan sebagian, jangan tinggalkan seluruhnya’. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar