Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

PPKM Level 4, Pemkab Jombang Percepat Penyaluran Bansos

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab usai pembagian bansos di balai desa Mojowarno, Kamis (22/7/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Pemkab Jombang mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk warga kurang mampu yang meliputi lansia terlantar, anak yatim, anak yatim piatu, anak piatu, anak terlantar penyandang disabilitas, gelandangan dan pengemis di luar panti.

Hal itu dilakukan untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Ditambah lagi dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang saat ini diperpanjang dengan PPKM Level 4 Covid-19. Jombang sendiri masuk dalam level 4.

Bansos tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab di Balai Desa Mojowarno, Kecamatan Mojowarno, Kamis (22/7/2021). Besarnya bantuan adalah Rp 200 ribu per orang, dan diberikan satu kali dalam satu tahun.

“Bantuan ini untuk meringankan beban ekonomi kepada penerima manfaat khususnya lansia terlantar, anak yatim, anak yatim piatu, anak piatu, anak terlantar penyandang disabilitas, gelandangan dan pengemis di luar panti pada situasi pandemi Covid 19 saat ini. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat dan barokah,” tutur Bupati Jombang usai acara.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jombang Hari Purnomo menambahkan, calon penerima bantuan telah terdata di Sidasu (Sistem Informasi Data Sosial Terpadu) pada N-1. Calon penerima diusulkan oleh Kades (Kepala Desa) mengetahui Camat. Kemudian calon penerima mempunyai alamat yang jelas sesuai dengan BNBA, serta calon penerima masih menggantungkan hidupnya pada bantuan orang lain.

“Syaratnya terdaftar sebagai penduduk setempat, yang dibuktikan dengan identitas kewarganegaraan (KK, KTP atau Surat Keterangan Domisili). Terdaftar pada Sidasu. Telah dilakukan verifikasi oleh perangkat desa dan tenaga TKSK Kecamatan mengetahui Kepala Desa. Penerima manfaat di luar panti. Penerima manfaat bukan sedang penerima bansos lainnya,” kata Heri.

Heri mengungkapkan, jumlah penerima bansos tersebut adalah 491 orang. Penyaluran sudah dimulai pada Kamis (15/7/2021) di Kecamatan Wonosalam dengan sasaran sebanyak 87 Orang. Kemudian hari ini di Kecamatan Mojowarno dengan sasaran sebanyak 107 orang. Sedangkan di Kecamatan Bareng akan diserahkan pada 27 Juli 2021 dengan sasaran 297 orang.

“Penyaluran bantuan sosial berupa uang yang bertepatan dengan percepatan penyaluran Bansos sebagaimana yang diamanatkan oleh Presiden RI, di mana dalam situasi PPKM Darurat yang berdampak salah satunya pada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),” ujar Heri.

Penyerahan bantuan kepada penerima manfaat dipusatkan di balai desa dengan melibatkan kecamatan, desa dan TKSK. Serta PKH dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang sangat ketat dan penerima manfaat sudah melakukan Vaksin Covid-19. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar