Politik Pemerintahan

PPKM Level 4 Diperpanjang, Tak Ada Relaksasi Mall di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang memperpanjang PPKM level 4 hingga 9 Agustus mendatang. Dalam penerapan PPKM Level 4 ini tidak ada perubahan sama sekali terkait upaya yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

“PPKM Level 4 ini sama saja sih, yang kita lakukan hari ini bagaimana mengedukasi warga terkait penerapan protokol kesehatan, lalu memberi bantuan kepada warga terdampak dari bantuan yang kita terima misalnya dari Kementerian Sosial dan pihak swasta,” ungkap Eri saat ditemui di Balai Kota, Surabaya, Selasa (3/8/2021).

Terkait relaksasi ekonomi, Eri menegaskan juga sama tidak ada perubahan. Artinya, sesuai arahan pemerintah pusat yang dikomandoi oleh Menteri Koordinasi Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, hanya warung makan yang boleh menerima kunjungan dengan total pengunjung maksimal 20 persen dari kapasitas.

Sedangkan untuk usaha besar seperti mall, lalu usaha rekreasi hiburan umum (RHU) masih ditutup sesuai ketentuan pemberlakuan PPKM Level 4. “Sebenarnya yang mall tutup itu kan dari pemerintah pusat sehingga kita gak bisa melakukan itu (relaksasi). Kalau dibilang menjerit semua menjerit, saya juga menjerit karena ekonomi gak jalan kasihan warga saya,” ujarnya.

Untuk itu, Pemkot Surabaya terus berupaya meningkatkan aksi sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Serta, berupaya untuk menggenjot vaksinasi agar segera terbentuk herd immunity 70 persen.

Ia pun berharap, dengan kesadaran masyarkat terhadap protokol kesehatan dapat menekan penyebaran Covid-19 di Kota Pahlawan dengan cepat. “Harapan kita tanggal 9 Agustus nanti bisa segera relaksasi ekonomi. Biar ekonomi warga ini bisa pulih,” pungkasnya.[way/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar