Politik Pemerintahan

PPKM Level 4, Dana Desa di Gresik Bisa Dibelanjakan Oxymeter

Gresik (beritajatim.com) – Adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di wilayah Kabupaten Gresik. Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menghimbau supaya dana desa bisa dibelanjakan membeli oxymeter untuk menanggulangi Covid-19.

Penegasan ini disampaikan saat evaluasi pelaksanaan PPKM level 4 bersama forkopimda bersama seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kepala desa dan lurah.

Sesuai arahan dari Pemprov Jatim. Pasien covid yang menjalani isoman tidak melakukan secara tersendiri tapi isolasi terpusat. Hal ini dimaksudkan supaya ada pendampingan dari tenaga kesehatan.

“Saya cuma mengingatkan agar masyarakat bisa melalui satgas covid desa dan kepala desa untuk mengoptimalkan manfaat posko Covid-19 serta puskesmas,” ujar Gus Yani, Senin (26/07/2021).

Mantan Ketua DPRD Gresik itu, juga menghimbau kepada kepala desa yang masih dibawah 8 persen menggunakan dana desa untuk penanggulangan Covid-19 supaya ditingkatkan lagi. “Dana desa bisa dipakai untuk menangani covid asal jelas pertanggungjawabannya. Salah satunya membeli oxymeter,” tuturnya.

Gus Yani juga memuji penanganan Covid-19 di Kecamatan Panceng beserta berbagai pihak. Menurutnya, manajemen penanganan covid di wilayah Panceng sangat bagus. Sehingga, sudah bisa memberikan sumbangan dana bahkan oksigen kepada warga yang membutuhkan.

Dimasa PPKM level 4 di Gresik lanjut dia, pihaknya meningkatkan vaksinasi di seluruh wilayah Gresik, dan terus mengupayakan pengadaan vaksin untuk masyarakat Gresik.

“Kami juga mendapat tambahan 200 tenaga kesehatan untuk membantu puskesmas dimana saat ini 10 Puskesmas sudah beroperasi untuk pelayanan covid tungkat pertama dan 5 puskesmas yang lain untuk persalinan normal covid,” paparnya.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto meminta agar seluruh apartur negara mendukung kebijakan ini termasuk sargas covid di tingkat Desa dan RT/RW. Pihaknya akan terus melaksanakan aktifitas yang lebih humanis.

“Kami siap mendukung kebijakan isolasi terpusat. Menurutnya isolasi terpusat dapat meminimalisir dampak di masyarakat,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar