Politik Pemerintahan

PPKM Darurat, Dinkop UMTK Kota Kediri Alihkan Pelayanan Klinik Usaha Mikro ke Online

Kediri (beritajatim.com) – Pelayanan Klinik Usaha Mikro milik Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri saat ini dialihkan ke online. Pengalihan layanan ini diakibatkan karena adanya pelaksanaan PPKM Darurat yang berjalan dari 3 Juli sampai 20 Juli 2021.

Hal ini dibenarkan oleh Bambang Priambodo Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri saat diwawancarai. Ia mengatakan bahwa pengalihan layanan ini terkait adanya PPKM Darurat yang memaksa kita untuk mengurangi aktivitas keluar rumah.

“Jadi dimulai sejak 3 Juli kemarin pengalihan Layanan Klinik Usaha Mikro kita ganti ke online. Hal ini kita lakukan akibat diberlakukannya PPKM Darurat se-Jawa dan Bali yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi aktivitas keluar rumah”, ungkap Bambang Priambodo, Jum’at, (16/7/2021).

Di masa berlakunya PPKM Darurat ini memang mengharuskan kita untuk membatasi aktivitas keluar rumah. Sehingga Dinkop UMTK Kota Kediri memberikan solusi pengalihan layanan ke online agar warga dapat mengurus izin usaha UMKM nya tanpa harus datang ke Klinik Usaha Mikro.

“Klinik Usaha Mikro saat ini melayani pendaftaran UMKM, pembuatan nomor induk berusaha (NIB-IUMK), dan fasilitasi foto produk UMKM. Semua bisa diakses melalui online tanpa harus datang ke kantor”, imbuhnya.

Bagi warga yang ingin mendaftarkan UMKM-nya bisa mengakses https://bit.ly/FormUsahaKotaKediri. Untuk yang ingin membuat nomor induk berusaha (NIB-IUMK) bisa mengakses http://bit.ly/FormNIBKotaKediri. Dan untuk layanan fasilitasi foto produk UMKM bisa mengakses http://bit.ly/FormFotoProdukUKMKotaKediri.

“Ada tiga tautan yang bisa dikases online tergantung kebutuhannya apa. Untuk kedepannya layanan online ini akan kita terus lakukan agar masyarakat bisa lebih mudah dalam mengurus izin untuk usahanya. Jadi layanan online ini untuk seterusnya tidak berhenti walaupun setelah kebijakan PPKM Darurat ini berakhir,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Satria Sani, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri menjelaskan teknis layanan online ini bahwasanya masyarakat sangat dimudahkan untuk mengurus usaha mikro milik mereka tanpa harus datang ke kantor.

“Jadi nanti pelaku usaha hanya tinggal mengisi formulir yang tersedia di masing-masing tautan tergantung apa yang mereka akan akses. Para pelaku usaha ini akan lebih mudah untuk mengurus keperluan usaha mereka tanpa harus datang ke kantor” , tutur Satria, Jumat (16/7/2021).

Ia juga menambahkan jika pengalihan layanan online ini juga sudah dipublikasikan di media sosial dari Dinkop UMTK Kota Kediri.

“Kita sudah publikasikan pengumuman pengalihan layanan ini ke media sosial kita. Namun jika ada pelaku usaha yang sudah terlanjur datang atau masih bingung untuk cara mengakses tautan yang kita beri, kita juga masih melayani mereka secara langsung dan memberikan arahan agar beralih ke layanan online,” pungkasnya. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar