Politik Pemerintahan

PPKM Akan Efektif Jika Berlaku Nasional Sampai Pandemi Berakhir

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang (beritajatim.com) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kota Malang telah berjalan selama 3 hari. Kebijakan ini sendiri berjalan sejak 9-22 Februari 2021 untuk sebagian wilayah Jawa dan Bali. Sesuai instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan sebaiknya PPKM Mikro berjalan serentak se Indonesia. Apalagi transmisi atau penyebaran Covid-19 dari satu daerah ke daerah lain cukup cepat. Sehingga dibutuhkan PPKM Mikro secara nasional hingga pandemi berakhir.

“Contoh kemarin Jatim yang zona merah Madiun Dan Trenggalek ternyata malam bergeser ke daerah lain. Jadi menurut kami PPKM harusnya secara nasional dan batas waktu sampai Covid selesai,” ujar Sutiaji, Kamis, (11/2/2021).

Sutiaji mengatakan, hampir semua kecamatan di Kota Malang zona kuning. Hanya di Kecamatan Blimbing yang berstatus zona oranye. Untuk itu, dia akan memperkuat mitigasi di tingkat RT/RW dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya lebih percaya mitigasi di setiap wilayah kelurahan. Di Kota Malang yang masuk zona oranye hanya satu di wilayah Kecamatan blimbing. Jadi saya sampaikan memang saya menghendaki ini bukan sektoral tapi nasional (PPKM Mikro),” tandas Sutiaji. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar