Politik Pemerintahan

PPKM Akan Berakhir, Pemkab Gresik Belum Beri Kepastian

Gresik (beritajatim.com)- Pemkab Gresik sampai saat ini belum memberi kepastian terkait akan berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang habis pada 25 Januari 2021. Meski sudah ada sinyal dari pemerintah pusat terakit perpanjangan PPKM Jawa-Bali, sejauh ini Gresik belum mengambil langkah.

Hingga sekarang Pemkab Gresik belum melakukan rapat internal terkait perpanjangan PPKM tersebut. Apakah ikut diperpanjang atau tidak, Pemkab belum memberikan kepastian. Perlu diketahui, PPKM sudah berjalan sejak 11-25 Januari. Namun, karena persebaran Covid-19 masih tinggi, pemerintah pusat memutuskan perpanjangan.

Kabag Humas Pemkab Gresik Reza Pahlevi menuturkan sejauh ini belum ada agenda rapat untuk membahas PPKM. Namun kemarin, pemkab melalui sekda tengah melalukan evaluasi PPKM dalam tiga minggu belakangan ini. “Sampai saat ini belum ada rapat dan belum ada surat yang turun untuk perpanjangan itu,” tuturnya, Jumat (22/1/2021).

Yang jelas lanjut Reza, apabila dilakukan perpanjangan nanti aturannya tidak akan jauh berbeda. Satgas tetap akan fokus melaksanakan operasi protokol kesehatan (Prokes) hingga melakukan rapid antigen di lokasi. “Kalaupun diperpanjang tetap fokusnya operasi seperti kemarin,” ujarnya.

Sementara itu, vaksinasi di Gresik hingga saat ini terus berjalan. Hingga sekarang tercatat sudah ada 1.425 tenaga kesehatan (nakes) 22,26 persen divaksin sinovac. Memang cakupannya masih rendah, tapi Dinas Kesehatan (Dinkes) tetap melakukan percepatan agar vaksin sudah bisa terserap sepenuhnya di akhir bulan ini. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar