Politik Pemerintahan

PPK Selesai, Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Ponorogo Segera Digelar

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Ponorogo Arwan Hamidi [foto/Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) –¬† Rekapitulasi suara tingkat kabupaten akan digelar KPU Ponorogo pada tanggal 15 Desember 2020. Bertempat di gedung sasana praja, panitia pemungutan kecamatan (PPK) akan membacakan perolehan suara di masing-masing kecamatan secara bergantian.

“Ada teman-teman PPK di 21 kecamatan nantinya akan membacakan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Arwan Hamidi, Senin (14/12/2020).

Arwan memperkirakan acara rekapitulasi di tingkat kabupaten ini akan memerlukan waktu sehari. Selain PPKPPK yang hanya diwakili oleh 3 orang di setiap kecamatan, KPU Ponorogo juga akan menghadirkan perwakilan pasangan calon (paslon), saksi dan Bawaslu Ponorogo.

” Karena pandemi Covid-19, teman-teman PPK yang diundang hanya tiga orang per kecamatan,” katanya.

Tahapan rekapitulasi suara tingkat kabupaten ini merupakan tindaklanjut dari tahapan rekapitulasi kecamatan yang sudah selesai dilakukan. Dimana dalam rekapitulasi suara tingkat kecamatan ini hanya berlangsung selama dua hari saja. Yakni dari tanggal 12-13 Desember 2020. Hanya selang sehari dari jadwal tahapan yang sudah ditetapkan KPU, yaitu tanggal 14 Desember 2020.

“Tanggal 13 Desember sudah selesai di 21 kecamatan, sehari lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan KPU,” katanya.

Dalam rekapitulasi tingkat kecamatan ini, ada sedikit gangguan dari Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang sempat down. Untuk mengantisipasi hal itu, PPK melakukan rekapitulasi suara secara manual. Arwan menyebut jika rekapitulasi manual ini sah-sah saja. Sebab, aplikasi Sirekap itu untuk publikasi di laman KPU.

“Meski sirekap sempat down, namun tahapan rekapitulasi tetap berjalan, sebab tetap bisa dimasukkan secara manual,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar