Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

PPDI Desak Legislatif Sampang Bahas Raperda Perlindungan Desabilitas

Sejumlah desabilitas saat berada di gedung DPRD Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Sejumlah perwakilan penyandang disabilatas, mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang. Tujuannya, meminta legislatif membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang dapat membantu hak perlindungan dan kebutuhan desabilitas.

“Meskipun kaum disabilitas di Sampang minoritas, kami berharap pemerintah memperlakukan hal yang sama dengan kaum mayoritas,” ujar Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sampang, Munarwi, Jumat (1/10/2021).

Menurutnya, Raperda tentang disabilitas perlu dijadikan prioritas utama dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah Sampang. Bahkan, manfaat Raperda dapat memberikan akses pada ruang publik yang sangat membantu kebutuhan mereka.

“Mulai akses kebutuhan kesehatan, pendidikan dan pekerjaan yang lebih layak bagi kami disabilitas. Hal ini belum kami rasakan selama ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sampang, Lutfianto menjelaskan, aspirasi dari kaum disabilitas tentang Raperda akan menjadi prioritas utama untuk dilakukan pembahasan dalam waktu dekat.

Menurut pria yang akrab disapa Totok ini, Raperda yang akan dibahas nantinya akan melibatkan kaum disabilitas. Serta sebagai bentuk komitmen DPRD dalam memperjuangkan hak-hak disabilitas. “Poin-poinnya, kami akan terus intens komunikasi dengan kaum disabilitas, dan menjadi fokus utama dalam isi Perda,” tandasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar