Politik Pemerintahan

Potensi Hadapi Koalisi Besar di Pilwali Surabaya, PDIP Tak Gentar

Surabaya (beritajatim.com) – Jelang Pilwali Surabaya, muncul koalisi gabungan banyak partai untuk melawan PDIP dalam pesta demokrasi mencari suksesor Wali Kota Risma. Bagaimana tanggapan partai berlogo banteng moncong putih itu terkait fenomena ini?

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Eddy Tarmidi Widjaja memastikan jika partainya tak resah dalam menghadapi koalisi besar itu. PDIP, menurutnya, tetap optimis.

“Memang wajar, melihat PDIP ini sudah lama menguasai Surabaya. Jadi banyak yang ingin merebut itu dari PDIP. Kami tetap optimis untuk itu,” ujar Eddy, Selasa (21/1/2020).

“PDIP sudah punya modal kuat dalam menghadapi Pilwali Surabaya. Modal itu adalah apa yang sudah dibangun dan dikerjakan oleh Bu Risma selama ini. Bu Risma adalah bagian dari PDIP dan saya rasa warga Surabaya sangat mengerti itu,” tambah pria yang juga Bakal Calon Wali Kota (Bacawali) PDIP itu.

Disinggung terkait hasil survey atau polling dari calon yang bakal diusung oleh koalisi besar itu, lagi-lagi Eddy memastikan jika itu bukanlah masalah besar. “Kami tetap optimis dan yakin. Itu bukan masalah,” tegasnya.

Sebagai informasi, PKB-Gerindra-PAN-Nasdem diprediksi bakal berkoalisi untuk melawan PDIP di Pilwali Surabaya. Para Ketua di level kepengurusan Jatim masing-masing partai telah mengeluarkan pernyataan bakal memberikan dukungan kepada mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Bahkan, PKB dan PAN telah mengeluarkan surat rekom resmi terkait hal itu.

Di sisi lain, dari polling online yang digelar oleh pollingkita.com, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin berada di posisi 12 dengan perolehan 1.8 persen. Ia berada jauh di bawah Eddy Tarmidi yang mendapatkan 2.7 persen.

Hingga saat ini, polling online yang diikuti oleh 5288 responden itu dipuncaki oleh Fandi Utomo yang meraih 38.9 persen. Berada di bawah Fandi Utomo, terdapat Bacawali PDIP lainnya yakni Laksamana Untung Suropati yang meraih 10.6 persen.

Sementara, sosok Eri Cahyadi yang santer disebut sebagai anak emas Wali Kota Risma berada di posisi ketiga dengan 9.3 persen.

Polling dari pollingkita.com itu masih bisa diakses. Bagi warganet yang ingin berpartisipasi bisa mengakses tautan https://pollingkita.com/polling19456-polling-siapa-yang-pantas-menggantikan-risma-sebagai-walikota-surabaya-2020.(ifw/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar