Politik Pemerintahan

Polres Pamekasan Lakukan Ploting Wilayah Rawan Pemilu

Pamekasan (beritajatim.com) – Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo menyatakan sudah melakukan ploting terhadap sejumlah daerah rawan pada pelaksanaan pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan usai melaksanakan Apel Pasukan dalam rangka pam menghadapi Pemilu 2019 yang digelar di Lapangan Pendopo Ronggosukowati, Jl Pamong Praja, Pamekasan, Jum’at (22/3/2019).

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, mulai dari (pemilu) dekade kemarin. Untuk daerah rawan kami katagorikan satu, namun rawan disini dalam arti rawan secara geografis yang meliputi letak jarak TPS yang jauh, tanah bergelombang dan lainnya,” kata AKBP Teguh Wibowo.

Namun pihaknya memastikan kondisi tersebut sudah diantisipasi berdasar catatan laporan sekaligus perkembangan terakhir, salah satunya dengan cara ploting guna memastikan kondisi riil di lapangan. “Tapi yang pasti hal itu tidak akan berpengaruh pada teknis pengamanan maupun komposisi pengamanan,” tegasnya.

Hanya saja pihaknya belum memastikan secara konkrit seputar titik yang masuk katagori rawan pada pelaksanaan pemilu, namun berdasar pernyataan dari Kabag Ops Polres Pamekasan, Jalaluddin dipetakkan di tiga kecamatan berbeda di Pamekasan, yakni Batumarmar, Pasean dan Waru.

Sementara dalam proses pesta demokrasi lima tahunan tersebut, tercatat sebanyak 7.270 personil dari berbagai instansi gabungan disiapkan. Meliputi sebanyak 550 personil Polri, 250 personil TNI, 6.270 personil Linmas, serta sebanyak 200 personil Satpol-PP dan Dishub Pamekasan.

Mereka nantinya bakal diterjunkan ke titik pengamanan yang sudah ditentukan, sekaligus bergerak bersamaan dengan pendistribusian logistik pemilu ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni pada H-1 sebelum pemungutan suara.

Berdasar data hasil rekapitulasi KPU Pamekasan, tercatat sebanyak 706.619 pemilih yang akan berpartisipasi pada pelaksanaan pemilu mendatang, meliputi sebanyak 341.906 pemilih laki-laki dan sebanyak 364.713 pemilih perempuan. Mereka nantinya akan menyalurkan hak suara di 3.133 TPS yang tersebar di 189 desa dan kelurahan. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar