Politik Pemerintahan

Politisi Nasdem: Hendy-Firjaun Butuh Pers untuk Benahi Jember

Hendy Siswanto diwawancarai media massa. [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Pers punya peran sangat penting dalam mengawal kesuksesan pemerintahan di Kabupaten Jember. Bukan semata sebagai lembaga sosial yang menyebarkan berita tentang capaian kinerja pemerintah, tapi berfungsi sebagai kontrol sosial terhadap pelaksanaan pemerintahan.

Hal ini dikemukakan Moch Eksan, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Jawa Timur, Rabu (10/2/2021). “Haji Hendy-Gus Firjaun sebagai produk dari proses demokrasi, sangat membutuhkan pers sebagai pilar keempat demokrasi,” katanya.

Pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Jember periode 2021-2024. Mereka disarankan berbesar hati untuk menjadikan pers sebagai mitra kritis pemerintah.

Menurut Eksan, pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Hendy dan Firjaun punya beban masalah berlipat ganda. “Semua stakeholders, mulai dari jajaran ekselutif, legislatif, yudikatif, pers, ormas sampai masyarakat sipil harus bahu-membahu untuk mengembalikan Jember sebagai daerah terbesar ketiga di Jawa Timur,” katanya.

“Otomatis, masukan dan kritik akan menjadi bahan ┬ápertimbangan politik kebijakan dan politik anggaran. Ini kesediaan dari seorang pemimpin untuk transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah good governance dalam menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan, memberikan pelayanan publik, serta mewujudkan pemberdayaan masyarakat,” kata Eksan.

Di lain pihak, Eksan meminta agar dalam pemerintahan ke depan, pers bisa menjalankan kontrol sosial dengan melakukan peliputan yang berimbang, dan menjadi penjaga gerbang informasi yang baik dan benar. “Informasi dan aspirasi antara pemerintah dan masyarakat harus terjalin dalam komunikasi timbal balik, demi pemenuhan hak asasi informasi dan komunikasi. serta terbangunnya pers sehat,” kata alumnus Himpunan Mahasiswa Islam ini.

Eksan menyarankan agar dalam mengatur informasi dan komunikasi kehumasan, pemkab melibatkan semua media massa dan media sosial untuk mempromosikan Jember. “Pers mutlak dibutuhkan sebagai akselerator perubahan, untuk bangkit dari pandemi dan memulihkan ekonomi Jember. Apalagi, selama lima tahun terakhir, birokrasi amburadul, anggaran daerah tak ada, dan infrastruktur rusak parah,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar