Politik Pemerintahan

Politisi Nasdem Desak Pemkab Jember Penuhi Target Uji Swab

Uji antigen di DPRD Jember, Jawa Timur, bulan lalu

Jember (beritajatim.com) – Moch. Eksan, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Jawa Timur, mendesak Pemerintah Kabupaten Jember agar memenuhi target uji swab sebanyak 3.531 uji per hari.

“Jumlah ini berdasarkan pada positivity rate mingguan sebelum diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM( Darurat pada 3-20 Juli 2021 yang tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15/2021,” kata Eksan, Rabu (21/7/2021).

Eksan mengkritik tidak pernah adanya pemberian informasi hal ini di dashboard situs Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember. Dia mengingatkan, penelusuran kontak erat satu kasus positif baru harus mengidentifikasi 15 orang yang punya hubungan erat.

“Mereka harus masuk tes (entry test). Yang positif langsung dikarantina. Sementara yang negatif, ditunggu lima hari dan lalu diulang dengan keluar tes (exit test) baru. Jika hasil tes kedua positif, maka dikarantina dan bila tetap negatif, yang bersangkutan bebas bergaul dengan masyarakat umum,” katanya.

Di lain pihak, Eksan miris melihat pembangkangan sosial terhadap protokol kesehatan. “Banyak warga yang tak pakai masker. Banyak yang tetap berkurumun. Mereka seakan masa bodoh terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,” katanya.

“Ini kegagalan bangsa. Kegagalan pemerintah dan masyarakat untuk mengedukasi warga dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Struktur pemerintahan di tingkat bawah dan tokoh tingkat lokal, tak punya pengetahuan yang cukup menjelaskan Pandemi Covid-19. Padahal, posisi mereka sangat penting dan strategis untuk melakukan contact tracing atau penelusuran kontak,” kata Eksan. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar