Politik Pemerintahan

Politisi Golkar: Pakde Karwo Pemimpin Komplet

Surabaya (beritajatim.com) – Politisi Partai Golkar yang juga anggota Komisi C DPRD Jatim, Kodrat Sunyoto memiliki penilaian sendiri terhadap sosok Gubernur Jatim Soekarwo yang telah memimpin selama 10 tahun.

“Pakde Karwo adalah sosok pemimpin yang sangat bersahaja. Beliau ini pemimpin yang komplet,” tegas Kodrat yang juga anggota Fraksi Partai Golkar.

Setidaknya ada tiga unsur, lanjut dia, yang mempengaruhi sehingga selama 10 tahun Jawa Timur sangat cool. Pertama, Pakde Karwo bukan hanya seorang birokrat yang meniti karier PNS dari bawah sampai eselon I Sekdaprov Jatim, beliau juga seorang akademisi sekaligus politisi dan ketua partai.

“Di Jawa Timur atau bahkan nasional, jarang kita temukan ada pemimpin dengan gaya yang sangat humanis seperti pakde Karwo. Oleh sebab itu, dalam membangun Jawa Timur, pandekatan yang beliau lakukan mengacu pada tiga unsur tadi,” tukasnya.

Sebelum menentukan keputusan dan membuat kebijakan, Pakde Karwo selalu mengajak DPRD untuk berembuk, lalu melakukan kajian kajian akademis dan administrasi yang bagus. Semuanya berbasis data. Sehingga, setiap keputusannya bisa dipertanggung jawabkan.

Sebagaimana diketahui bahwa Pakde Karwo memimpin Jawa Timur selama 10 tahun atau dua periode bersama Wagub Gus Ipul. Gubernur asal Madiun ini akan mengakhiri jabatannya pada 12 Februari 2019. Sedangkan Gubernur Jawa Timur yang baru akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/2/2019) di Istana Negara Jakarta.

Sedangkan serah terima jabatan Pakde Karwo dengan Khofifah akan berlangsung pada 18 Februari dalam sidang paripurna di DPRD Jawa Timur.

“Kebetulan saja, saya ada di gedung dewan ini juga 10 tahun, sehingga tahu persis Pakde Karwo memimpin 37 juta jiwa rakyat Jawa Timur. Pakde Karwo punya daya inovasi dan banyak terobosan. Komunikasi politiknya sangat baik. Karena latar belakang beliau yang memenuhi tiga unsur tadi,” jelasnya.

“Jadi, kalau Pakde Karwo masuk gedung dewan, yang ada itu bukan aroma partai melainkan faksi Jawa Timur,” pungkas Kodrat yang juga Ketua DPD Ormas MKGR Jawa Timur ini. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar