Politik Pemerintahan

Politisi Gerindra Mundur dari Pencalonan Ketua PSSI Jember, Mengapa?

Jember (beritajatim.com) – Try Sandi Apriana, politisi Partai Demokrat, akhirnya terpilih menjadi Ketua Asosiasi Sepak Bola PSSI Kabupaten Jember, Jawa Timur 2021-2025. Namun terpilihnya Sandi ini diwarnai pengunduran diri Ardi Pujo Prabowo, kandidat lain yang juga politisi Partai Gerindra, rekan sesama anggota DPRD Jember.

Dengan mundurnya Ardi, praktis Sandi hanya berhadapan dengan M. Iksan dan berhasil menyabet 65 suara dukungan dari klub pemilik suara, dalam kongres pemilihan, Minggu (23/5/2021). “Saya mengajukan surat pengunduran diri pada 10 Mei 2021,” kata Ardi.

Ardi menyodorkan empat alasan. Pertama, tidak ditanggapinya secara tertulis surat banding tertanggal 29 April 2021 yang diberikan kepada Komite Banding Pemilihan. Dalam surat banding itu, ia mempertanyakan kelayakan Try Sandi menjadi calon ketua askab jika dikaitkan dengan statuta PSSI.

Kedua, Ardi menilai tidak ada transparansi dan keterbukaan oleh Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan terhadap curriculum vitae para bakal calon. Ketiga, dilakukannya pergeseran secara sepihak jadwal kongres luar biasa pemilihan ketua dan wakil ketua umum serta komite eksekutif tanpa keterlibatan keseluruhan anggota internal Askab PSSI Jember, dari tanggal 30 Mei menjadi 23 Mei 2021.

Terakhir, Ardi melihat adanya potensi kuat proses pemilihan ini terkontaminasi misi kepentingan pribadi dan atau golongan. “Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, respek, dan fair play, maka saya menyatakan pengunduran diri dari pencalonan ketua umum maupun wakil ketua umum Askab PSSI Jember,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar