Politik Pemerintahan

Polemik Batas Desa Kedungpeluk dan Kalipecabean, Pemkab Didesak Segera Tentukan Titik Koordinat

Sidoarjo (beritajatim.com) – Polemik batas desa antara Desa Kedungpeluk dan Desa Kalipecabean, Kecamatan Candi, sampai kini belum tuntas. Kepala Desa (Kades) Kedungpeluk, M. Madenan meminta agar Pemkab Sidoarjo dapat segera melakukan pengukuran batas desa dan segera menentukan titik koordinat.

Dikatakan Madenan, pada 5 Agustus lalu, pihaknya telah difasilitasi oleh sekretariat daerah (Setda) Sidoarjo melakukan koordinasi bersama pihak terkait koordinasi penetapan dan penegasan batas Desa Kedungpeluk dan Desa Kalipecabean, di ruang pertemuan OTODA lantai 2 Setda Sidoarjo.

Pertemuan itu menghasilkan sejumlah rekomendasi yang kemudian dituangkan ke dalam berita acara. “Salah satunya, Pemkab Sidoarjo akan melakukan pengambilan koordinat titik kartometrik di setiap lekukan atau belokan garis batas wilayah administrasi pemerintahan di lapangan,” katanya, Jumat (7/2/2020).

Madenan menjelaskan, sesuai berita acara yang ada, hal itu akan dipandu oleh bagian administrasi pemerintahan Setda Kabupaten Sidoarjo. Dimana, pengambilaan koordinat itu akan dihadiri oleh kedua belah pihak, baik Desa Kedungpeluk maupun Desa Kalipecabean serta Camat candi. “Sayangnya hingga saat ini hal itu belum juga dilakukan, padahal kita juga sudah kirim surat,” papar Madenan.

Ketua Komisi A DPRD Kab. Sidoarjo, H. Subandi menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima aduan terkait hal itu. Namun demikian, pihaknya mengaku siap memberikan fasilitas kepada desa tersebut untuk menyelesaikan sengketa batas desa itu. Sehingga nantinya dapat segera ditelaah oleh Komisi A DPRD Kab. Sidoarjo.

Politisi PKB itu menuturkan, pihaknya meminta agar dapat melaporkan masalah tersebut ke Komisi A. Tujuannya, agar anggota legislative dapat segera mengambil sikap.

Jika ternyata sudah mengajukan ke eksekutif namun belum ada tindakan, nantinya pihaknya siap untuk memanggil sejumlah pihak untuk hearing bersama. “Kami siap fasilitasi, kita siap hearing, agar masalah tersebut tak berlarut,” tegasnya. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar