Politik Pemerintahan

Sempat Jadi Trend

Pola Kepemimpinan One Man Show Tak Lagi Relevan

Surabaya (beritajatim.com) – Pelantikan Kepala Daerah hasil Pilkada 2020 bakal dilakukan serentak pada hari Jumat (26/2/2021). Pakar komunikasi asal Unair Suko Widodo pun memiliki bebepara wejangan untuk mereka yang bakal dilantik.

“Cara kepemimpinan Bupati/Walikota dan gaya komunikasinya akan menentukan berhasil tidaknya membangun partisipasi publik. Selamat untuk para Bupati dan Walikota terpilih,” ujar Suko Widodo.

“Visi misi para Bupati dan Walikota terpilih pastilah disesuaikan dengan kondisi wilayah. Visi memerlukan dukungan atau partisipasi publik untuk mewujudkannya,” tambahnya.

Doktor lulusan Unair ini pun mewanti-wanti jika pola kepemimpinan one man show sudah tak lagi relevan saat ini. Pola kepemimpinan model itu memang sempat menjadi trend beberapa waktu lalu.

“One man show sama dengan bunuh diri. Gaya kepemimpinan baru adalah kolaboratif. Era kini butuh kolaboratif,” tegas Suko Widodo.

“Partisipasi publik ditentukan oleh cara memimpin dan gaya komunikasi. Dalam era demokrasi tak bisa lagi dengan cara otoriter. Dan dalam era informasi memerlukan gaya komunikasi dialogis – interaktif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di Surabaya, pasangan Eri Cahyadi dan Armuji bakal dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. Keduanya diusung oleh PDIP di Pilkada 2020 lalu. [ifw/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar