Politik Pemerintahan

PNS Pemkab Sampang Wajib Pakai Bahasa Madura

Sekda Sampang Yuliadi Setiawan

Sampang (beritajatim.com) – Komunikasi antar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, bakal menerapkan bahasa daerah alias Bahasa Madura.

Sekretaris Daerah (Sekda) Yuliadi Setiawan mengatakan anjuran menggunakan Bahasa Madura, bukan hanya fokus di lingkungan pemerintahan. Namun berlaku secara umum termasuk komunikasi antar pejabat dan staf.

Sekda yang akrab disapa Wawan ini juga mengungkapkan bahwa telah mengeluarkan surat edaran tentang anjuran menggunakan bahasa Madura di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga atau pendidikan Sekolah dan swasta.

“Setiap hari kerja kami anjurkan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Madura sampai 23 Desember 2020,” ujarnya, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, penggunaan bahasa daerah bertujuan untuk menghidupkan kearifan lokal. Yakni, sikap gotong-royong masyarakat Madura, khususnya bagi warga Sampang.

“Kami menerapkan kembali, agar bahasa daerah tidak semakin tergerus oleh situasi perkembangan zaman yang berdampak terhadap cara komunikasi masyarakat untuk mempertahankan eksistensi bahasa daerah,” tandasnya. [sar/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar