Politik Pemerintahan

Gagas Provinsi Madura

PNP3M Sharing Soal Pemekaran Bersama DPRD Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah perwakilan Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (PNP3M) sharing pendapat ke Kantor DPRD Pamekasan, Jl Kabupaten 107, Rabu (27/8/2020). Guna merencanakan pemekaran kabupaten Pamekasan menjadi dua wilayah.

Sharing tersebut dilakukan dalam rangka membentuk wilayah Madura, agar melepaskan diri dari bagian Jawa Timur. Sekaligus membentuk sebagai provinsi baru di Indonesia, yakni Provinsi Madura. Sekalipun saat ini belum memenuhi syarat, karena Madura hanya terdiri dari empat kabupaten (batas minimal lima kabupaten).

Dari itu PNP3M mercoba melakukan aundiensi bersama pimpinan wakil rakyat, guna membahas kelanjutan pembentukan provinsi Madura, sekaligus rencana pemekaran Pamekasan menjadi dua kabupaten berbeda. “Hasil audiensi, Ketua DPRD Pamekasan menyatakan siap mendukung agar Madura menjadi provinsi,” kata Ketua PNP3M, Ahmad Zaini.

“Alasan kami memilih Pamekasan sebagai kabupaten yang akan dimekarkan (menjadi dua kabupaten), karena sejak dulu Pamekasan menjadi lokasi berdirinya Baokrwil (Badan Koordinator Wilayah) di Madura. Apalagi para zaman dulu, Pamekasan juga menjadi sentral Madura pada zaman penjahahan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menilai dari empat kabupaten di Madura, yakni Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Pamekasan menjadi salah satu kabupaten terdepan yang pemekaran wilayah. “Jadi kota yang paling siap dimekarkan agar Madura bisa segara menjadi provinsi adalah Pamekasan,” tegasnya.

“Sebagai syarat utama agar Madura bisa menjadi provinsi, harus memiliki lima kabupaten. Berdasar hasil kesepakatan PNP3M, kabupaten Pamekasan yang terpilih dan paling suap untuk dimekarkan menjadi dua kabupaten,” pungkasnya.

Untuk diketahui, proses pemekaran wilayah di Madura memang relatif berlangsung cukup lama sebagai salah satu upaya merealisasikan Pulau Garam sebagai salah satu Provinsi di Indonesia. Bahkan berbagai kegiatan seminar hingga Focus Group Discustion (FGD) juga dilakukan oleh sejumlah emelen masyarakat.

Hanya saja berdasar luas wilayah di Madura, kabupaten Pamekasan justru menjadi wilayah terkecil dibandingkan tiga kabupaten lain di Madura. Terdata luas keseluruhan wilayah Pamekasan hanya berkisar di angka 792,2 km², sedangkan Bangkalan 1.001 km², Sampang 1.233 km², serta Sumenep 1.998 km². [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar