Politik Pemerintahan

Plt Kepala Bakesbangpol Pamekasan: Pemilu 2019 Berlangsung Aman, Tertib dan Kondusif

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan, Abdul Muin menyampaikan pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung aman, lancar dan kondusif.

Hal itu berdasar pentauan yang dilakukan tim monitoring di instansi yang dipimpunnya, termasuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang dimungkinkan terjadi dalam pelaksaan pesta demokrasi lima tahunan yang digelar serentak 17 April 2019 lalu.

“Kami telah melaksanakan monitoring pelaksanaan pemilu 2019, mulai dari tahapan pra, proses hingga pasca pemilu. Alhamdulillah pelaksanaan pemilu di Pamekasan, berlangsung aman, lancar dan kondusif,” kata Plt Kepala Bakesbangpol Pamekasan, Abdul Muin, Senin (13/5/2019).

Diakuinya tim monitoring dibentuk dalam rangka mensukseskan pelaksaan pesta rakyat, baik pemilihan presiden (pilpres), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), maupun Pemilu Legislatif (Pileg) dari tingkat daerah hingga tingkat pusat.

“Dalam hal ini diperlukan langkah antisipatif dan koordinatif yang berkenan dengan kondisi pemerintahan, politik maupun keamanan. Hasil monitoring ini selanjutnya kami laporkan kepada bupati Pamekasan dan Pemprov Jawa Timur, melalui Bakesbangpol Jatim,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya menyampaikan hasil monitoring yang dilakukan selama tahapan pelaksaan pemilu berlangsung lancar, sekalipun terdapat beberapa persoalan yang akhirnya bisa diselesaikan dengan baik dan kondusif hingga tidak berakibat pada gagalnya pelaksanaan pemilu 2019.

“Secara umum hasil monitoring pelaksanaan pemilu berjalan lancar, meskipun ditemui beberapa rintangan dan masalah. Namun akhirnya bisa segera diatasi melalui langkah antisipatif yang sudah dicanangkan berkat kerjasama dengan semua pihak, termasuk aparat TNI-Polri,” jelas pimpinan yang akrab disapa Muin.

Disinggung soal apa saja persoalan yang ditemukan selama dalam proses pemantauan yang dilakukan, ia menyampaikan hal tersebut hanya terjadi pada aspek teknis semata. “Misalnya proses distribusi logistik molor, ada juga saling klaim saat rekapitulasi, dan lainnya,” imbuhnya.

“Namun seperti yang kami sampaikan, secara umum masalah-masalah yang ada bisa segera teratasi dengan baik berkat penanganan maupun langkah antisipatif yang kami terapkan. Alhamdulillah pemilu berjalan lancar,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar