Politik Pemerintahan

Pleno Pertama DPTb, Ada 496 Pemilih Pindahan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro melakukan rapat pleno terbuka dalam rangka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilihan Umum 2019, Senin (18/3/2019).

Dalam rapat pleno tersebut, ada sebanyak 496 pemilih tambahan. Jumlah itu didominasi dari Kecamatan Bojonegoro. Jumlah DPTb terbanyak di kawasan kota tersebut sebagian besar dari pemilih yang ada di Lapas Bojonegoro.

“Jadi semua pemilih di Lapas adalah pemilih pindahan (DPTb). Di kecamatan kota ada 87 DPTb,” ujar Komisioner Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Bojonegoro, Supardi.

DPTb itu, kata Supardi, merupakan pemilih yang sebenarnya sudah masuk dalam DPT akan tetapi selama pelaksanaan pemungutan suara yang bersangkutan tidak bisa menggunakan hak pilih di tempat yang terdaftar.

“Penetapan DPTb ini baru dilakukan tahap pertama, akan ada tahap selanjutnya sampai 30 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara,” terangnya.

Penyusunan DPTb tahap pertama ini, kata dia, diharapkan agar bisa terpenuhi surat suara, karena jumlah surat suara nantinya mengikuti jumlah pemilih. “Pemilih ini masih bisa berubah jumlahnya,” ujarnya.

Selain melakukan pendataan terhadap DPTb, KPU Bojonegoro juga melakukan pendataan daftar pemilih khusus (DPK). Pendataan DPK akan dilakukan mulai tanggal 10 sampai 17 Maret mendatang.

“Jadi warga Bojonegoro yang sudah memiliki syarat pemilih masih diberi ruang seluas-luasnya agar hak konstitusional tidak hilang,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munib menambahkan, daftar pemilih khusus juga mewadahi pemilih pemula. Pendataan yang dilakukan KPU terhadap pemilih pemula sudah dilakukan terhadap pemilih yang pada 17 April berusia 17 tahun.

“Beberapa sudah dimasukkan kedalam DPT. Namun jika masih ada yang belum masuk ke dalam DPT maka bisa menggunakan DPK,” ungkapnya.

Abdim Munib menambahkan, jika warga sudah memenuhi syarat mencoblos sesuai yang ditentukan, akan tetapi belum terdaftar dalam DPT maka akan tetap ditampung di DPK untuk memenuhi hak konstitusionalnya.

Sementara diketahui, saat ini jumlah pemilih sesuai dengan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Bojonegoro sebanyak 1.040.263 pemilih. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar