Politik Pemerintahan

Plat N, Program Pelayanan Kilat Kependudukan di Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Malang meluncurkan Plat N, Jumat (28/8/2020). Plat N, sebuah program pengurusan administrasi kependudukan yang dipelopori Dispendukcapil dengan kilat, praktis dan cepat.

Bupati Malang, HM Sanusi menyaksikan langsung proses pengurusan administrasi kependudukan. “90 detik ya, cuma 90 detik KTP dan KIA sudah bisa dimiliki masyarakat,” ungkap Sanusi.

Sanusi langsung memberikan timer melalui jam tangannya. Setelah pemohon menyerahkan berkas pengurusan ke petugas Dispendukcapil, proses cetak pun dilakukan. Hasilnya, pemohon yang masih berdiri diatas motor, sudah bisa memperoleh Kartu Identitas Anak (KIA).

“Tahap awal pelayanan kilat Plat N ini akan kita tempatkan di beberapa kecamatan dulu termasuk di Dispendukcapil. Baru nanti tahun 2021 kami berharap seluruh kecamatan bisa menggunakan program Plat N untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh administrasi kependudukan,” tegas Sanusi.

Kata Sanusi, durasi waktu pelayanan kilat ini maksimal 3 menit. “Tapi tadi saya timer hanya 90 detik sudah jadi KIA,” paparnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Shirath Aziez menyampaikan, Plat N merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau GISA.

“Kami berupaya menghadirkan inovasi dan terus mendekatkan diri kepada masyarakat. Plat N ini baru. Pemohon dapat mencetak KTP El yang hilang, rusak dan perubahan data. Termasuk mencetak KIA. Nanti ada jadwal layanannya. Kedepan, diharapkan semua masyarakat bisa memiliki dokumen kependudukan,” ucap Shirath. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar