Politik Pemerintahan

PKS Tunjuk Harun Suyitno sebagai Pimpinan DPRD Pamekasan

Harun Suyitno, pimpinan DPRD Pamekasan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pamekasan (beritajatim.com) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi menunjuk sosok Harun Suyitno sebagai calon pimpinan (wakil ketua) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Periode 2019-2024.

Anggota legislatif asal Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kecamatan Galis, Larangan dan Pademawu, dipercaya mengisi posisi penting di jajaran pimpinan berdasar rekomendasi dari internal partai. Sekalipun untuk jabatan tersebut, ia harus bersaing dengan politisi lainnya, yakni Al-Anwari.

Hal tersebut dipastikan oleh oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Pamekasan, Ahmad Jailani. Ia mengatakan jika nama yang diusulkan dan dorekomendasikan sebagai pimpinan di DPRD Pamekasan, yakni Harun Suyitno.

“Nama yang kita usulan (sebagai calon pimpinan DPRD Pamekasan) dua, yakni Al-Anwari dan Harun Suyitno. Dan nama terakhir yang direkomendasikan partai sebagai pimpinan di dewan (wakil ketua DPRD Pamekasan),” kata Ahmad Jailani, Jum’at (20/9/2019).

Hanya saja sekalipun sudah dipastikan nama yang didelegasikan sebagai pimpinan, namun belum dimasukkan ke sekretariat DPRD Pamekasan. Sebab hingga saat ini, baru dua partai politik (parpol) pemenang pemilu di Bumi Gerbang Salam yang sudah menyetorkan nama-nama calon pimpinan, yakni Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sedangkan dua parpol lainnya, yakni PKS dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga saat ini belum menyetorkan nama calon pimpinan. “Jadi sementara yang sudah masuk ke meja kami baru dua nama, yakni dari Partai Demokrat dan PKB,” kata Sekretaris DPRD Pamekasan, Masrukin kepada beritajatim.com, Kamis (19/9/2019) kemarin.

“Sementara dua nama lainnya (PKS dan PPP), hingga saat ini belum masuk ke meja kami. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera masuk. Sehingga kita bisa langsung membentuk berbagai alat perlengkapan di DPRD Pamekasan, seperti komisi, banggar, BK dan lainnya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, saat ini baru tingkatan fraksi di lingkungan DPRD Pamekasan yang dipastikan sudah rampung. Sementara alat kelengkapan lainnya belum terbentuk, terlebih belum adanya data calon pimpinan dari dua parpol berbeda, termasuk posisi calon ketua dewan yang kembali menjadi jatah PPP sebagai parpol pemenang pemilu.

Dari komposisi fraksi DPRD Pamekasan yang dipastikan rampung, masing-masing Fraksi Demokrat dipimpin Ismail, Fraksi Gerindra dipimpin Rida’i sebagai ketua, Fraksi PKS dijabat Suyono, Fraksi PKB ditempati Khoirul Umam, serta Fraksi PPP yang dipercayakan kepada Achmadi.

Sementara dua fraksi lainnya yang merupakan fraksi parpol gabungan, masing-masing Fraksi Madani (Golkar, PBB dan Perindo) dijabat politisi Golkor, Achmad Tatang. Serta Fraksi PAN-NasDem yang dipercayakan untuk dijabat politisi muda NasDem, Hamidi [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar