Politik Pemerintahan

PKS Punya Peluang Rebut Kursi Wali Kota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Bursa calon Wali Kota Surabaya kembali memanas. Kali ini berangkat dari para srikandi politik di Kota Pahlawan.

Berawal dari riset kualitatif yang dilakukan oleh pakar komunikasi politik asal Unair Suko Widodo, muncul 3 nama srikandi politik Surabaya yang memiliki berpeluang besar di bursa calon Wali Kota Surabaya. Ketiganya adalah Puti Guntur dan Indah Kurnia asal PDIP serta Reni Astuti asal PKS.

Menariknya, dari riset yang dilakukan beberapa waktu lalu itu, Suko mengungkapkan bahwa Reni Astuti memiliki peluang sedikit lebih besar dari dua srikandi politik tersebut. “Reni punya relasi sosial yang kental karena tingkat interaksinya dengan warga cukup intensif, relasi sosial dua kandidat PDIP kurang intensif. Karena lebih beraktivitas di Jakarta,” ujarnya, Rabu (3/7/2019).

Meski demikian, menurut pria yang akrab disapa SW ini, ada tantangan besar yang harus dihadapi PKS untuk bisa memenangkan kursi Wali Kota Surabaya. “Reni dengan PKS-nya tak mungkin maju sendiri. Tentu partainya harus koalisi dengan partai lain. Tidak sebesar PDIP yang bisa maju sendiri. Lima kursi PKS ini modal sangat besar, tapi masih kurang,” beber Suko.

“Salah satu solusi mudahnya adalah dengan berkoalisi bersama Gerindra. Jumlah kursi keduanya sudah cukup untuk mengusung calon sendiri. Tinggal sekarang, jika ingin menang, siapa yang akan menjadi tandem bagi Reni,” pungkasnya.

Sebagai informasi, riset kualitatif dilakukan dengan cara menjaring beberapa nama yang mencuat di media selama 6 bulan terakhir. Kemudian, nama-nama itu didiskusikan bersama berbagai pihak lintas keilmuan dalam Focus Group Discussion (FGD). [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar