Politik Pemerintahan

PKS-PPP Belum Setor Calon Pimpinan DPRD Pamekasan

Dua politisi PPP Pamekasan, Halili (pegang mic) bersama Fathor Rahman. Kandidat Ketua DPRD Pamekasan, Periode 2019-2024.

Pamekasan (beritajatim.com) – Dua dari total empat partai politik (parpol) yang mendapat jatah pimpinan, hingga saat ini belum menyetorkan nama untuk politisi yang akan menduduki jabatan penting di lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Periode 2019-2024.

Padahal saat ini hampir memasuki waktu sebulan pasca dilantik sebagai wakil rakyat di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Rabu (21/8/2019) lalu. Bahkan komposisi struktural fraksi baru ditetapkan hari ini, Kamis (19/9/2019).

“Komposisi fraksi sudah tuntas, tinggal alat kelengkapan lainnya yang masih menunggu dari masing-masing partai politik (parpol). Termasuk untuk unsur pimpinan (ketua ataupun wakil ketua),” kata Sekretaris DPRD Pamekasan, Masrukin kepada berijatim.com.

Dari total empat parpol yang mendapat jatah pimpinan di lingkungan Gedung Wakil Rakyat, saat ini baru dua parpol yang sudah menyetorkan nama, yakni Partai Demokrat atas nama Hermanto dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) atas nama Syafiuddin. Kedua nama tersebut bakal menempati posisi wakil ketua.

Sementara dua parpol lainnya, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga saat ini belum menyetorkan nama calon pimpinan. “Jadi sementara yang sudah masuk ke meja kami baru dua nama, yakni dari Partai Demokrat dan PKB,” ungkapnya.

“Sementara dua nama lainnya (PKS dan PPP), hingga saat ini belum masuk ke meja kami. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera masuk. Sehingga kita bisa langsung membentuk berbagai alat perlengkapan di DPRD Pamekasan, seperti komisi, banggar, BK dan lainnya,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, saat ini PKS juga dipastikan mendelegasikan nama Harun Suyitno sebagai calon pimpinan. Ia dipercaya dibandingkan Al-Anwari untuk mengisi jabatan pimpinan yang direkomendasikan oleh jajaran internal parpol.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Pamekasan, Ahmad Jailani. Ia mengatakan jika nama yang diusulkan dan dorekomendasikan sebagai pimpinan Harun Suyitno. “Nama yang kita usulan dua, Al-Anwari dan Harun Suyitno. Dan nama terakhir yang direkomendasikan partai sebagai pimpinan di dewan,” jelasnya.

Sementara untuk pimpinan dari parpol lainnya, yakni PPP. Terdapat dua nama yang diusulkan untuk dijadikan sebagai pimpinan di gedung wakil rakyat, khususnya di posisi sebagai ketua DPRD Pamekasan. Masing-masing Fathor Rahman dan Halili.

Bahkan hingga saat ini, kedua politisi senior di parpol berlogo Ka’bah juga sama-sama memiliki peluang untuk menduduki jabatan strategis di legislatif. Sosok Fathor Rahman tercatat sebagai kader yang sempat mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pamekasan bersama KH Kholilurrahman di Pilkada 2018 lalu.

Sedangkan Halili, merupakan politisi senior yang menjabat sebagai Ketua DPRD Pamekasan, Periode 2014-2019. Bahkan saat ini, ia juga tercatat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Pamekasan, menggantikan posisi KH Mondhir Kholil yang mengundurkan diri sebagai ketua parpol. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar