Politik Pemerintahan

PKS Jember Tetapkan ‘Senin Pekan Kedua’ Jadi ‘Hari Aspirasi’

Jember (beritajatim.com) – Partai Keadilan Sejahtera menetapkan setiap Senin pekan kedua sebagai Hari Aspirasi. Peluncuran Hari Aspirasi digelar dengan seremoni pemotongan nasi tumpeng di ruang Komisi D DPRD Jember, Jawa Timur, Senin (10/2/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah PKS Jember Achmad Rusdan mengatakan, saat pemilu lalu ada 103.093 orang yang mencoblos partai tersebut. “Itu konstituen kami yang aspirasinya harus kami tampung dan salurkan,” katanya.

Rusdan menyebut problematika masyarakat Jember cukup pelik dan unik. “Kabupaten yang cukup kaya dengan APBD Rp 4,6 triliun. Tapi anggota Dewannya ngenes. Beda dengan Bondowoso yang APBD-nya kecil tapi mereka (anggota DPRD) bisa leluasa menyalurkan aspirasi masyarakat,” katanya.

Ketua Fraksi PKS Nurhasan mengatakan, banyak keluhan masyarakat yang diterima fraksi. “Mereka merasa kesulitan menyalurkan aspirasi kepada DPRD Jember. Jadi masyarakat ini gundah,” katanya.

Anggota Dewan juga tengah disibukkan oleh carut-marutnya perpolitikan di Jember. “Karena kesibukan kami, masyarakat merasa kok susah sekali mau ketemu Dewan. Harus kirim surat segala macam. Kirim surat pun kadang tidak dipanggil (ditanggapi, red),” kata Nurhasan.

Nurhasan menjelaskan, tahun ini adalah tahun politik. “Tahun ini tahun pilkada. Sebagai representasi PKS , mau tidak mau kami disibukkan kegiatan di pilkada ini,” katanya.

Di lain pihak, pengurus pusat dan wilayah menekankan kepada penguruas daerah agar fraksi lebih melayani masyarakat. “Maka kami berinisiatif melaunching Hari Aspirasi yang insya Allah kami akan melayani masyarakat, baik bersurat maupun tanpa surat,’ kata Nurhasan.

“Intinya enam orang anggota Fraksi PKS siap melayani. Namun monggo kalau mau menemui di luar hari Senin minggu kedua. Kami siap menampung aspirasi yang disampaikan masyarakat Jember. Bersuratlah atau by phone, sehingga kita bisa janjian ketemu. Tapi khusus Hari Aspirasi, kami stand by full di ruang Fraksi PKS gedung DPRD Jember selama jam kerja. Kalau di luar hari itu kami banyak kegiatan, jadi kalau tidak janjian dulu jarang ketemu,” kata Nurhasan.

Hari Aspirasi menghilangkan sekat dengan masyarakat dan Fraksi PKS berusaha melayani semaksimal mungkin. “Semoga fraksi lain juga bisa membuka Hari Aspirasi,” kata Nurhasan. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar