Politik Pemerintahan

PKS Jember: Pilkada Bukan Peperangan Tapi…

Jember (beritajatim.com) – Partai Keadilan Sejahtera sudah resmi mendukung pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah PKS Jember Ahmad Rusdan berharap, pilkada tahun ini berlangsung kondusif. “Pesan dari Presiden PKS, pilkada ini bukan peperangan, tapi adu gagasan dan adu konsep,” katanya, Minggu (30/8/2020). PKS berharap kampanye yang merusak persatuan dihindari.

Pilkada kali ini kemungkinan akan diikuti lebih dari dua pasang calon. Rusdan mengakui bahwa keinginan untuk menempatkan satu pasang calon masih ada. “Kami masih berharap agar Haji Hendy bisa head-to-head melawan petahana,” katanta.

Namun jika tidak terjadi, menurut Rusdan, itu wajar. Dinamika di setiap partai politik berbeda-beda, sehingga keinginan pengurus sebelas partai politik tingkat kabupaten untuk bersatu mengusung satu pasang kandidat sulit terwujud.

Pilkada Jember kemungkinan besar bakal diikuti tiga pasangan calon. Calon bupati petahana Faida yang berpasangan dengan Dwi Arya Nugraha Oktavianto berangkat dari jalur perseorangan. Hendy-Firjaun sementara ini sudah mengantungi dukungan dari Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS. Abdus Salam dan Ifan Aryadna Wijaya kemungkinan didukung PDI Perjuangan, Golkar, dan Berkarya.

Ada satu pasang calon lagi sebenarnya yang sudah mengantongi dukungan partai, yakni Djoko Susanto dan Ahmad Halim. Namun sejauh ini mereka baru mengantongi dukungan dari Partai Gerindra. Dibutuhkan koalisi dengan partai lainnya untuk memenuhi syarat minimal sepuluh kursi di parlemen sebagai syarat dukungan untuk pencalonan. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar