Politik Pemerintahan

PKS Jatim Temui Gubernur Khofifah, Ini yang Dibicarakan

Surabaya (beritajatim.com) – Pengurus DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim melakukan kunjungan silaturrahim ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (24/1/2020).

Tampak dalam rombongan adalah Ketua Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan, Sekretaris Umum Lilik Hendarwati, Sekretaris Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Jatim Ahmad Habibul Muiz, serta Ketua Fraksi Keadilan Bintang Nurani DPRD Jatim Dwi Hari Cahyono.

Dalam kunjungan tersebut, Irwan Setiawan memperkenalkan jajaran pengurus baru pasca wafatnya Ketua Umum DPW PKS Jatim Arif HS pada Oktober 2019 lalu.

Selain itu, Irwan menyampaikan beberapa hal yang menjadi concern dari PKS Jatim. Antara lain tentang ketahanan keluarga, penanggulangan bencana dan pembinaan generasi muda. PKS dalam hal ini siap menjadi mitra Pemerintah Provinsi dalam berbagai program yang terkait dengan hal tersebut.

Gubernur Khofifah menyambut baik kesiapan PKS dalam bersama-sama menyelesaikan problem yang ada di Jawa Timur. “Persoalan yang ada di Jawa Timur ini penyelesaiannya mesti dari hulu sampai hilir. Sehingga, membutuhkan partisipasi kita bersama,” ujar Khofifah.

Gubernur lalu mencontohkan persoalan penanganan banjir. Untuk Kali Lamong saja, mesti ada sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemprov, Pemkab Gresik, Lamongan dan Mojokerto. “Alhamdulillah akhirnya disepakati dan akan dimulai pembangunan tanggul,” tuturnya.

Persoalan banjir juga disebutkan gubernur terkait dengan aliran sungai dengan berbagai problemnya. Seperti pendangkalan akibat sampah, penambangan liar dan tak terkendali, pembuangan limbah industri secara serampangan dan lain-lain.

Sementara mengenai ketahanan keluarga, gubernur menyampaikan kesetujuannya. “Saya pribadi sejak lama menyampaikan soal family resilience. Ketahanan nasional itu tidak bisa, jika tidak ada ketahanan keluarga,” tegasnya.

Karenanya gubernur menyampaikan apresiasi kepada masyarakat termasuk PKS yang secara istiqomah terus berusaha mewujudkan program ini. Sedangkan, mengenai pembinaan generasi muda, Gubernur Khofifah sependapat bahwa inti dari pembelajaran generasi muda adalah akhlak.

“Ini tantangan kita di era disruption dan post-truth. Bukan hanya persoalan di bidang ekonomi, tetapi juga persoalan karakter generasi,” jelasnya.

Irwan Setiawan bersyukur bahwa apa yang menjadi concern PKS, juga menjadi perhatian gubernur. “Alhamdulillah dialog dengan Ibu Gubernur berlangsung gayeng. Kita memiliki kesepahaman dan siap bersinergi untuk membangun Jawa Timur dan menyelesaikan persoalan yang ada di sini,” ujarnya saat ditemui usai kunjungan.

Pertemuan diakhiri dengan saling bertukar cinderamata. Selain itu, pengurus PKS juga memberikan buku Platform PKS untuk Pembangunan kepada Gubernur Khofifah dan dilanjutkan dengan jamuan makan malam. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar