Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

PKS Jatim Kawal Program Sejahterakan Petani Garam dan Cabai

Presiden PKS Ahmad Syaikhu melakukan aksi beli garam dan cabai.

Surabaya (beritajatim.com) – Presiden PKS Ahmad Syaikhu melakukan aksi beli garam dan cabai. Hal ini dilakukan sebagai simbolisasi bahwa PKS akan memperjuangkan petani garam.

Aksi beli garam dan cabai itu dilakukan setelah mendapatkan cuhatan tentang anjloknya harga garam dan cabai saat Ahmad Syaikhu mendatangi petani garam dan cabai di Pamekasan pada Jumat, 24 September 2021.

Syaikhu menilai anjloknya harga garam karena pemerintah lebih memilih membuka kran impor daripada membina para petani garam dan cabai.

“Alasan pemerintah mengimpor garam, karena kualitas garam lokal masih di bawah standar. Jika pemerintah ada di pihak rakyat, seharusnya memilih membina para petani itu hingga produk yang dihasilnya sesuai standar,” tegasnya.

Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan yang juga hadir di Pamekasan menyampaikan kesiapannya untuk meminta anggota DPRD dari PKS di seluruh Jawa Timur untuk mendorong pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk lebih peduli dengan petani garam dan cabai.

“Seluruh pengurus PKS, anggota DPRD provinsi Jatim dan kabupaten/kota di Jawa Timur, Insya Allah siap memperjuangkan petani garam dan cabai di Jatim,” tegas Irwan.

Irwan juga menyampaikan bahwa selama ini anjloknya harga garam dan cabai di Jatim sudah menjadi kajian khusus di bidang Tani dan Nelayan DPW PKS Jatim.

“Di lapangan, kami terus berkoordinasi dengan para petani dan nelayan. Karena itu, kami membawa presiden PKS ke sini, untuk lebih menguatkan dukungan di level nasional,” tegasnya.

Dalam kegiatan kunjungan itu, Presiden PKS kemudian memborong garam dari petani garam dengan harga 4 kali lipat sebanyak 10 ton.

“Harga garam per kilogramnya saat ini Rp 500, saya akan beli dengan harga Rp 2.000 dan akan saya beli 10 ton,” ujarnya di hadapan petani garam.

Saat ia mengunjungi petani cabai ia juga memborong cabai sebanyak 2 kuintal dengan harga lebih tinggi dari pasaran.

Ahmad Syaikhu membeli dengan harga Rp 10.000 saat harga pasaran Rp 8.000.

Dalam kunjungannya itu, Ahmad Syaikhu ditemani oleh anggota DPR RI Amin Ak, Ketua Bidang Tani dan Nelayan Riyono, Ketua Bidang Humas Ahmad Mabruri.

Sementara dari DPW PKS Jatim, Irwan ditemani Ketua Bidang Tani dan Nelayan Alwi Burhanuddin, Ketua Bidang Humas Reni Astuti. Juga didampingi oleh Ketua DPD PKS Pamekasan Abdullah serta pimpinan dan anggota Fraksi PKS DPRD Pamekasan. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar