Politik Pemerintahan

PKS Berharap Petahana Tak Ikut Pilbup Jember

Mashuri Harianto

Jember (beritajatim.com) – Partai Keadilan Sejahtera berharap pemilihan bupati Jember, Jawa Timur, tak akan diikuti petahana, namun diikuti oleh banyak kandidat. Saat ini sudah banyak kandidat yang muncul dan bersaing memperebutkan rekomendasi partai. Sementara Bupati Faida sebagai petahana justru sudah mengambil berkas pendaftaran jalur perorangan di Komisi Pemilihan Umum Jember.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Jember Ahmad Rusdan melihat sulit untuk mengharapkan hanya ada satu penantang petahana. “Namun saya berharap banyak calon tanpa petahana. Jember butuh wajah baru, karena orang baru kemungkinannya lebih baik. Wajah baru berarti ada perubahan. Dunia selalu berubah,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Jember Ahmad Rusdan, Selasa (18/2/2020).

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Timur Mashuri Harianto mengakui, ada logika saat awal membaca peta politik di Jember, bahwa jika ingin menang atas petahana, maka hanya boleh ada satu penantang. “Dinamika elektabilitasnya mengkhawatirkan kalau tidak head to head. Tapi kami akan survei, hasil survei itu bergerak bagaimana,” kata Mashuri.

Namun, menurut Mashuri, keinginan untuk menciptakan posisi head to head atau memunculkan banyak calon juga tergantung dari para kandidat. Partai sendiri tidak bisa sendirian dan harus berkoalisi untuk memenuhi syarat pencalonan pilbup. “Keinginan para kandidat akan dinilai partai-partai, khususnya PKS,” katanya.

Apakah saat ini petahana masih kuat? “Kalau situasinya masih seperti sekarang, potensi (petahana) menang masih ada. Tapi kalau tidak head to head sekalipun, potensi kandidat lain ada kok yang bisa menang. Tinggal bagaimana dia punya tim yang solid, dukungan relawan dan parpol digerakkan semuanya,” kata Mashuri.

Mashuri mengatakan, PKS teruji di sisi pengamanan suara di tempat pemungutan suara. “Kalau mau dengan PKS, seorang kandidat punya modal itu,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar