Politik Pemerintahan

PKS: Banyak Saksi Tak Dapat C1

Jember (beritajatim.com) – Tak semua saksi partai politik memperoleh dokumen C1 atau dokumen hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara untuk calon anggota DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Ketua Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) Partai Keadilan Sejahtera Jember Sudianto mengatakan, pihaknya kesulitan memperoleh C1 yang menjadi hak partai. Sebagian saksi tak memperolehnya, sementara rekapitulasi suara tingkat kecamatan sedang dilaksanakan.

“Yang kami permasalahkan, perhitungan di PPK sangat urgen. Dasar utama penghitungan adalah C1. Bagaimana bisa kita lakulan secara adil dan terbuka kalau saksi tidak bawa apa-apa,” kata Sudianto, Sabtu (20/4/2019) malam.

PKS berusaha menyelamatkan C1 semaksimal mungkin. Terbukti ada sejumlah suara yang berhasil diselamatkan dengan dasar C1. “Pertanyaan kami: kalau C1 di tempat lain kami tidak punya, bisakah kami memperjuangkan suara riil di lapangan,” kata Sudianto.

PKS juga mengkritik tidak profesionalnya penyelenggara pemilu tingkat bawah dalam menjaga plano. “Ada laporan dari saksi kami bahwa saksi partai tertentu menulisi plano yang itu sebenarnya kewajiban penyelenggara pemilu,” kata Sudianto.

PKS tengah menginvestigasi persoalan-persoalan pemungutan suara dan akan melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu jika ditemukan fakta penting. “Kenapa keadilan bagi rakyat kita dicurangi beberapa orang,” kata Sudianto. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar