Politik Pemerintahan

PKS Akui Komunikasi dengan Machfud Arifin, Rekom Akan Menyusul?

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun Pilwali Surabaya adalah ranahnya DPD PKS Kota Surabaya, tetapi DPW PKS Jatim telah berkomunikasi dengan Bakal Calon Walikota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Namun demikian, PKS Jatim belum berani memastikan apakah bakal mengusung mantan Kapolda Jatim tersebut, karena masih menunggu usulan dari DPD PKS Kota Surabaya.

“Pak Machfud Arifin sudah komunikasi dengan PKS. Bahkan, beliau membuka ruang bagi PKS jika mau bergabung mengusung di Pilwali Surabaya. Kami masih menunggu usulan dari PKS Surabaya. Yang tahu dinamika politik Surabaya kan teman-teman Surabaya. Pilkada ini ranahnya DPD,” tegas Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (24/1/2020).

Menurut Irwan, DPD PKS Kota Surabaya sudah melakukan langkah-langkah progresif dan menjalin komunikasi dengan calon-calon di Surabaya, maupun komunikasi politik dengan partai-partai yang ada di Surabaya. Kursi PKS di DPRD Kota Surabaya terbilang cukup lumayan, yakni lima kursi.

“Tapi sampai hari ini belum mengajukan nama bakal calon yang akan diusung, karena mungkin ada amanah yang diberikan kepada DPD PKS Surabaya untuk mengikhtiarkan kadernya bisa mendampingi calon yang ada,” tuturnya.

DPW PKS Jatim, lanjut Irwan, mensyaratkan kepada 19 DPD PKS kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serentak mengusulkan minimal dua bakal calon. Namun, sejauh ini mereka sudah melaporkan sejak tim Pilkada dibentuk sekitar Oktober 2019.

“Hingga September lalu, PKS Surabaya sudah melaporkan tiga kali. Tapi masih belum final, sehingga cukup dinamis dan waktunya masih panjang. Ini karena pendaftaran di KPU Surabaya, infonya juga mundur dua bulan, menjadi Juni 2020,” tegasnya.

Prinsipnya, kata Irwan, rekom Pilkada serentak 2020 dapat diberikan saat injury time bersamaan dengan pendaftaran di KPU. “Tapi kalau bisa lebih cepat, tentu akan lebih baik,” pungkasnya. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar