Politik Pemerintahan

PKB Segera Ajukan Perda Inisiatif Soal Pesantren di Jember

Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Jember, Jawa Timur, memerintahkan fraksi di DPRD setempat agar segera mengajukan peraturan daerah inisiatif fasilitasi pendidikan pesantren.

“Ini agar pesantren betul diakui, dan bisa mendapatkan anggaran yang sama dengan lembaga-lembaga lain. Pesantren sebelum negara ini berdiri sudah memberikan kontribusi sangat besar. Tapi selama ini, pesantren selalu dianaktirikan,” kata Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi, Kamis (4/2/2021).

Ayub berharap perda ini memberikan jaminan yang sama antara pesantren dengan lembaga lain. “Ini salah satu bentuk khidmat PKB kepada NU,” katanya.

Selama ini perhatian pemerintah daerah terhadap pesantren masih minim. “Saat saya masih di DPRD Jember, setiap tahun ada bantuan untuk pesantren. Tapi sebenarnya minim. Yang dibutuhkan pesantren bukan hanya sebatas anggaran, tapi keberpihakan pemerintah daerah terhadap proses belajar mengajar di pesantren,” kata Ayub.

Keberpihakan ini antara lain berupa pengakuan status pesantren. “Ini agar kesetaraan pesantren dan lembaga lain bisa sama. Ini kan produknya sama,” kata Ayub. PKB ingin alumnus pesantren bisa diterima di semua lembaga pemerintahan dan swasta tanpa diskriminasi. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar