Politik Pemerintahan

PKB Sarankan Bupati Jember Langsung Ajukan RAPBD 2021

Ketua DPC PKB Jember Ayub Junaidi [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyarankan kepada Bupati Hendy Siswanto agar langsung mengajukan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2021.

“Sekarang ada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2020 yang disahkan dan diundangkan pada 30 Desember 2020. Jadi peraturan ini tidak mengena daerah lain, karena membahas APBD sebelum itu disahkan, tapi mengena ke Jember karena membahas APBD 2021 setelah peraturan ini disahkan,” kata Ketua DPC PKB Jember Ayub Junaidi, Rabu (24/3/2021).

Bupati Faida sudah menyodorkan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2021. Ayub tidak tahu kenapa KUA-PPAS itu tidak disepakati bersama dengan DPRD Jember. “Kalau melihat peraturan ini, bupati tinggak melanjutkan (pembahasan) dengan RAPBD,” katanya.

Pasalnya, dalam aturan tersebut dijelaskan, bahwa jika KUA-PPAS tidak disepakati bersama oleh bupati dan DPRD paling lama enam minggu sejak rancangannya disampaikan, maka kepala daerah bisa mengajukan RAPBD.

“Kalau melihat itu ya bupati sebaiknya mengajukan APBD saja. Toh sama. Pak Hendy hari ini mengajukan APBD berdasarkan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah), KUA-PPAS, RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Bu Faida, karena Pak Hendy belum punya,” kata Ayub.

“Hikmahnya, Pak Hendy hari ini menjadi satu-satunya bupati yang setelah dilantik langsung membahas APBD tahun berjalan. Bupati-bupati lain kan tidak. Begitu dilantik, mereka menjalankan APBD yang dibahas bupati periode sebelumnya,” kata Ayub.

Ayub mengatakan, permendagri ini menguntungkan semua pihak. “Semua sangat rigid, tidak perlu ditafsirkan beda-beda seperti yang dulu di Jember. Dulu dalam membahas APBD, bupati dan Dewan punya tafsir sendiri-sendiri. Tidak ketemu. Akhirnya yang dirugikan masyarakat,” katanya. Itulah kenapa PKB berharap APBD 2021 bisa segera dibahas dan disahkan. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar