Politik Pemerintahan

PKB Rebut 10 Kursi di DPRD Sumenep, Golkar Nihil

Sumenep (beritajatim.com) – Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat KPU kabupaten Sumenep telah selesai digelar. Real Count tingkat kabupaten itu digelar selama lima hari, sejak Selasa (30/04/2019).

Dari hasil rekapitulasi manual tersebut, untuk Pemilu Legislatif terlihat ada perubahan peta partai politik yang berhasil mendudukkan calegnya di kursi wakil rakyat.

Pesta demokrasi tahun 2019 seakan juga menjadi ‘pesta’ kemenangan bagi PKB Sumenep. Dari 50 kursi legislatif, partai ini mampu meloloskan 10 calegnya ke gedung DPRD.

Perolehan kursi PKB dalam Pemilu 2019 naik drastis dibanding Pemilu sebelumnya. Pada 2014, PKB hanya mampu mendudukkan 7 kadernya sebagai legislator. Jumlah itu setara dengan kursi yang diperoleh tiga partai lainnya yakni PPP, PAN, dan Demokrat.

Namun di kontestasi politik tahun ini, PKB benar-benar berkibar. Tujuh daerah pemilihan (dapil) semua terisi. Bahkan ada beberapa dapil yang tidak hanya menyabet satu kursi. Diantaranya Dapil III, Dapil V, dan Dapil VI. Masing-masing mampu merebut dua kursi legislatif.

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Partai Golkar. Partai ‘senior’ ini mengalami nasib cukup tragis dalam Pemilu serentak 2019. Tak satupun kursi wakil rakyat yang berhasil diraih.

Padahal dalam pemilu 2014, Golkar masih mampu menghantarkan empat kadernya sebagai wakil rakyat. Di Pemilu 2019, Partai Golkar hanya bisa menjadi ‘penonton’ di gedung DPRD Sumenep.

Sementara partai yang juga harus berlapang dada menerima kenyataan turunnya jumlah raihan kursi di perlemen adalah PDI Perjuangan dan PAN. Jika dibandingkan dengan Pemilu 2014, di Pemilu 2019 ini PDI Perjuangan kehilangan satu kursi di daerah pemilihan (dapil) III.

Sedangkan di daerah pemilihan lainnya, partai yang dikomandani Megawati Sukarnoputri ini tetap mampu mendudukkan satu wakilnya, minus dapil VI. Dengan demikian, partai berlambang kepala banteng ini mengantongi 5 kursi untuk Pemilu 2019.

Sedangkan nasib PAN juga serupa. Partai besutan Amin Rais ini harus legowo kehilangan satu kursi dibanding lima tahun lalu. Untuk Pemilu 2019, partai berlambang matahari ini mendulang 6 kursi di DPRD Sumenep.

Pemilu 2019 juga membuahkan keceriaan di Partai Gerindra, Nasdem, dan Hanura. Ketiga partai itu masing-masing mampu menambah satu kursi di gedung DPRD Sumenep. Partai Gerindra menyabet 6 kursi, Nasdem 3 kursi, dan Hanura 3 kursi.

Di sisi lain, untuk Pemilu 2019 juga ada partai yang perolehan kursinya sama persis seperti Pemilu 2014, yakni PPP, Partai Demokrat, PKS, dan PBB. Untuk PPP dan Demokrat mampu merebut masing-masing 7 kursi. Kemudian PKS 2 kursi, dan PBB 1 kursi.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A. Warits mengaku bersyukur mampu menuntaskan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten, tanpa ada kendala yang berarti.

“Alhamdulillah proses rekapitulasi sudah selesai dengan lancar, meski penyelesaiannya harus molor dari target. Semula kami perkirakan tiga hari selesai. Ternyata hingga lima hari baru selesai. Tapi sampai final penghitungan, relatif tidak ada hambatan berarti,” ujarnya, Senin (06/05/2019). (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar