Politik Pemerintahan

PKB Pastikan Jatah Kursi Ketua DPRD Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Jatah calon Ketua DPRD Gresik menjadi milik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Parpol yang berlambang bola dunia itu memperoleh 13 kursi suara dalam pemilihan legislatif (Pileg) 17 April 2019 lalu.

Berdasarkan daftar peraih kursi di DPRD Gresik periode 2019-2024, ada empat parpol yang nantinya mendapat Ketua dan Wakil Ketua DPRD Gresik. Untuk Ketua DPRD, otomatis menjadi milik PKB. Sementara parpol Gerindra, Golkar serta PDIP mendapat jatah wakil ketua.

Melonjaknya suara PKB karena mesin partai tersebut dari atas hingga ke bawah berjalan sesuai planing. Sebab, berdasarkan dari daerah pemilihan (Dapil) satu hingga delapan, PKB selalu mendapat kursi suara. Hal ini berbeda halnya dengan parpol PPP, PAN serta Demokrat yang mengalami penurunan suara secara drastis.

Pada Pileg 2014-2019, ketiga parpol tersebut memperoleh suara yang sangat signifikan. PPP memperoleh enam kursi, Demokrat 7 kursi, dan PAN 5 kursi. Namun, di pileg April 2019 lalu. Ketiga parpol itu perolehan suaranya turun drastis. PPP cuma dapat tiga kursi, hal yang sama pada PAN. Sementara Demokrat memperoleh empat kursi.

Sebaliknya, pada pileg lima tahun lalu Partai Golkar sangat perkasa memperoleh sebelas kursi. Kini turun menjadi delapan kursi. Hal yang sama pada parpol PDIP dari tujuh kursi menjadi enam kursi.

Sebaliknya pendatang baru, parpol Nasdem yang semula dapat satu kursi kini naik menjadi lima kursi. Parpol Gerindra dari enam kursi naik menjadi 8 kursi.

Menanggapi hal perolehan suara di DPRD Gresik. Ketua DPC PKB Gresik, M.Qosim mengatakan dirinya sangat bersyukur suara PKB kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat. “Soal nanti siapa yang menjadi ketua dewannya nanti akan segera dibahas dalam rapat internal partai,” ujarnya, Sabtu (4/05/2019).

Sementara itu, secara terpisah Ketua DPD Partai Golkar Gresik, Ahmad Nurhamim menuturkan, semula partainya menargetkan perolehan sama seperti pileg lima tahun lalu, yakni sebelas kursi. “Kami masih bersyukur masih mampu memperoleh delapan kursi meski berkurang tiga kursi,” tuturnya.

Pada pileg 2019, juga mencatat ada caleg yang memperoleh suara tertinggi. Yakni, H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) caleg PKB memperoleh 18.023 suara. Sementara tempat kedua ditempati caleg Gerindra dr.Asluchul Alif yang memperoleh 14.108 suara. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar