Politik Pemerintahan

PKB Jember Turunkan Tim untuk Pemakaman Covid

Jember (beritajatim.com) – Partai Kebangkitan Bangsa menurunkan tim untuk melakukan pemakaman dann pemulaksaraan secara protokol Covid di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tim ini sudah bergerak sejak Mei 2021.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Ayub Junaidi mengatakan, ada beberapa elemen yang menjadi relawan pemakaman dengan protokol Covid. Salah satunya Laskar Ijo. “Kalau Laskar Ijo ini kebanyakan dari teman-teman santri,” katanya, Rabu (28/7/2021).

Para kader PKB bergerak membantu pemakaman karena melihat pemerintah sudah kewalahan. “Mereka sudah siap semua dan sudah berjalan sebelum ada surat bupati untuk penetapan tim (pemakaman) di setiap desa dan kecamatan. Intinya teman-teman ingin membantu,” kata Ayub.

Menurut Ayub, dalam situasi pandemi, semua pihak harus proaktif mengulurkan tangan. “Tidak usah menunggu diminta. Kadang ada yang ngomong: pemkab tidak meminta. Lho, kalau semua menunggu pemkab meminta akhirnya tidak berjalan semua. Siapapun yang punya kelebihan, baik tenaga, pikiran, dan doa, kita lakukan bersama-sama,” katanya.

PKB sebenarnya ingin membantu relawan tenaga kesehatan. “Tapi perlu proses. Perlu pelatihan. Hal-hal seperti itu tidak sembarangan. PKB mampunya ya hanya tenaga pemulaksaraan dan pemakaman, yang tidak perlu sumber daya pelatihan khusus,” kata Ayub.

“Kadang orang minta segera ini dan itu, kan itu ada SOP (Standar Operasi prosedur)-nya. Orang yang baru koas kan tidak boleh (langsung) menangani pasien yang khusus. Tak segampang membalikkan telapak tangan. Ini urusan manusia dan nyawa,” kata Ayub.

Ketua Laskar Ijo Miskat mengatakan, timnya beranggotakan sepuluh orang. “Kami bergerak bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember. Setiap ada pemakaman, kami diberitahu BPBD. APD (Alat Pelindung Diri) dan lainnya kami dari BPBD,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar