Politik Pemerintahan

PKB Ingatkan Hadits Riwayat Ibnu Majah kepada Bupati Jember

Bupati terpilih Hendy Siswanto dan Wakil Bupati terpilih Firjaun Barlaman

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Jember, Jawa Timur, berharap Bupati Hendy Siswanto segera membuat peraturan kepala daerah untuk mencairkan gaji aparatur sipil negara dan para pegawai honorer pemerintah kabupaten.

“Wakil bupati kita seorang kiai. Hadits nabi yang diriwayatkan Ibnu Majah menyampaikan, bayarlah hak-hak pekerja sebelum keringatnya mengering,” kata Ketua DPC PKB Jember Ayub Junaidi, Senin (22/3/2021).

Hal ini penting dilakukan sebelum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 disahkan. Tanpa adanya APBD 2021, baik dalam bentuk peraturan daerah maupun peraturan kepala daerah, gaji ASN dan pegawai honorer memang tak bisa direalisasikan.

Menurut Ayub, Bupati Hendy tinggal mengajukan peraturan kepala daerah itu kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar anggaran gaji cair. “Jika itu dilakukan, itu akan jadi doa warga kepada pemimpinnya. Doa orang teraniaya dibukakan pintu langit,” katanya, menyarankan agar bupati segera berkoordinasi dengan pemprov.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengatakan, pimpinan parlemen dan bupati sudah bertemu, Rabu (17/3/2021) malam lalu. “Peraturan Kepala Daerah Anggaran Kas Mendahului APBD sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sepengetahuan kami, perkada ini tak perlu fasilitasi. Tapi demi keamanan bersama, akhirnya difasilitasi diajukan ke pemprov. Itu yang membuat agak lama proses cairnya gaji ASN dan honorer,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk