Politik Pemerintahan

PKB Godok 5 Nama Calon Ketua DPRD Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jombang menyodorkan lima nama untuk menduduki Ketua DPRD setempat. Lima nama tersebut kemudian diusulkan ke DPP (Dewan Pimpinan Pusat) melalui DPW (Dewan Pimpinan Wilayah).

Setelah melalui proses, dari lima calon tersebut dipilih satu untuk menjadi Ketua DPRD Jombang periode 2019-2024. Pada periode tersebut, Ketua DPRD Jombang memang menjadi jatah PKB. Karena partai berlambang bola dunia ini mampu mendulang suara terbanyak dalam Pemilu 2019 di Jombang. Mereka menempatkan 10 kadernya duduk di kursi DPRD setempat.

“Alhamdulillah, dalam penetapan oleh KPU kemarin kita mendapatkan 10 kursi. Kita memperoleh suara terbanyak dari seluruh parpol peserta pemilu 2019 di Kabupaten Jombang. Soal calon Ketua DPRD Jombang dari PKB, kita sudah mengirimkan ke DPP melalui DPW. Ada lima nama calon,” kata Ketua DPC PKB Jombang Masud Zuremi, Minggu (11/8/2019).

Masud mengungkapkan, munculnya lima nama calon tersebut berdasarkan rapat pleno yang digelar DPC PKB Jombang. Mereka adalah Masud Zuremi, Subaidi Muhtar, serta Muhaimin. Selanjutnya dua dari unsur perempuan, yakni Fatimah ZB dan Eni Kuswati.

“Hasilnya sudah ada di DPW PKB Jatim. Insya Allah, tanggal 15 Agustus 2019 akan disampaikan seluruh Jatim oleh DPW. Sekalian konsolidasi dan kordinasi untuk Muktamar PKB yang digelar di Bali,” ujar Masud.

Masud menegaskan, mekanisme di PKB, untuk menentukan Wakil Ketua maupun Ketua DPRD, di daerah yang menang pemilu, wewenang mutlak ada di DPP. Namun tahapan yang harus dilalui adalah pleno di tingkat DPC atau Kabupaten/Kota.

Nah, dari hasil pleno itulah dikirim ke DPP melalui DPW. Selanjutnya, lanjut Masud, DPP mengundang setiap para calon untuk mengikuti uji kelayakan atau fit and propestest. “Jadi kewenangan penuh ada di DPP. tidak jadi masalah,” pungkasnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar