Politik Pemerintahan

PKB, Demokrat, Perindo Protes Rekap Suara Kecamatan Tanggul Jember

Jember (beritajatim.com) – Rekapitulasi suara pemilu di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur memicu protes partai politik. Tiga partai yang melontarkan protes adalah PKB, Partai Demokrat, dan Perindo.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu Jember Devi Aulia Rahim mengatakan, ada keberatan karena ada perubahan data DA1 setelah proses rekapitulasi di Kecamatan Tanggul tanpa ada rekomendasi dari KPU maupun Bawaslu. “Data tersebut menjadi tidak legal, sehingga akhirnya diputuskan untuk membuka formulir DAA1 plano,” katanya, di sela-sela rapat pleno rekapitulasi suara di Hotek Aston Jember, Rabu (1/5/2019).

Data DA1 adalah data rekapitulasi suara tingkat kecamatan. Sementara DAA1 adalah data rekapitulasi suara tingkat desa atau kelurahan.

Keputusan tersebut sesuai dengan rekomendasi Bawaslu Jember, yakni membuka DAA1 plano untuk semua desa di Kecamatan Tanggul, khusus untuk perolehan suara PKB, Perindo, Demokrat. Tapi partai lain juga bisa ikut mengecek angka yang didapat.

“Dari hasil cek memang ada pergeseran suara. Ada yang naik dan turun,” kata Devi.

Khusus untuk Desa Patemon, rekap sempat ditunda. Ini dikarenakan ada huruf X dan angka. “Ini yang mau digunakan yang mana, sementara tidak ada coretan. Padahal kalau ada kesalahan, (data) yang salah dicoret. Untuk memastikan itu, maka harus menggunakan C1 (rekap suara di tingkat TPS),” kata Devi. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar