Politik Pemerintahan

PKB dan Gerindra Usung Satu Cabup Jember, Beda Cawabup

Jember (beritajatim.com) – Djoko Susanto memastikan surat rekomendasi pencalonan bupati Jember dari Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerindra. Namun dua partai besar itu sama-sama menyodorkan dua calon wakil bupati yang berasal dari kader masing-masing.

Berdasarkan surat keputusan PKB yang ditandatangani Ketua Umum Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal M. Hasanuddin Wahid pada 21 Februari 2020, Djoko akan diduetkan dengan Ayub Junaidi, yang saat ini menjabat Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember dan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember.

Sementara itu, berdasarkan surat keputusan Partai Gerindra yang ditandatangani Ketua Umum Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani pada 26 Februari 2020, Djoko diduetkan dengan Ahmad Halim, kader yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Jember.

Foto surat rekomendasi itu sudah beredar luas di media sosial, Kamis (19/3/2020). Juru bicara pemenangan Djoko Susanto, Darsan, membenarkan jika rekomendasi itu sudah diterima. Dengan jumlah tujuh kursi Gerindra dan delapan kursi PKB di DPRD Jember, Djoko sudah bisa mendaftarkan diri menjadi calon bupati ke Komisi Pemilihan Umum.

“Terkait dengan penyebutan nama (calon wakil bupati) itu hal yang wajar, karena masing-masing partai menginginkan semua kadernya maju dalam kontestasi pilkada Jember. Siapa yang akan dipilih Pak Djoko sebagai pendamping, akan menunggu hasil musyawarah dari semua partai pengusung, siapa yang akan disepakati,” kata Darsan.

Menurut Darsan, Djoko masih berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk diajak berkoalisi. “Sudah diadakan pendekatan-pendekatan, mengikuti mekanisme partai yang ada, kami tinggal menunggu partai mana lagi yang akan memberi kepercayaan kepada Pak Djoko untuk maju dalam pilkada Jember,” katanya.

Apa kriteria calon wakil bupati pendamping Djoko? “Itu akan dikembalikan pada mekanisme musyawarah partai pengusung, sehingga siapapun yang disepakati akan digandeng Pak Djoko,” kata Darsan. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar